Senin, 26 Oktober 2015

PIANIS

PIANIS MUDA INDONESIA IKUTI "CHOPIN PIANO COMPETITION"
     Oleh Zeynita Gibbons
         
    London, 23/10 (Antara) - Ronald Noerjadi, pianis muda asal Indonesia, mengikuti ajang "Chopin Piano Competition" ke-17 yang diselenggarakan di Warsawa, Polandia, dari bulan April hingga Oktober 2015.

         "Kompetisi bergengsi dunia itu diikuti sekitar 160 peserta dari berbagai negara, seperti Polandia, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Hungaria, Italia, Ceko dan Swiss," kata Sekretaris III/Pensosbud KBRI Warsawa Jorrie Andrean kepada Antara London, Jumat.

         Beberapa negara memiliki banyak peserta hingga melebihi 20 peserta seperti Polandia, Korea Selatan dan Jepang.

         Akhirnya, kompetisi ke-17 ini dimenangkan  Seong-Jin Cho dari Korea Selatan, kemudian Charles Richard-Hamelin dari Kanada dan Kate Liu dari Amerika Serikat.

         Sementara pianis Indonesia harus terhenti di Ronde I dalam kompetisi musik klasik yang diadakan setiap lima tahun semenjak tahun 1927 itu.

         Dubes RI Warsawa Peter F. Gontha mengapresiasi keikutsertaan pianis Indonesia di kompetisi Chopin itu dan diharapkan akan makin banyak pianis Indonesia berpartisipasi pada kompetisi serupa.

         "Dengan peran serta pinais Indonesia itu akan membuat masyarakat internasional khususnya Polandia mengetahui kemampuan dan bakat pianis Indonesia dalam membawakan musik klasik," katanya.

         Pianis Indonesia Ronald Noerjadi itu memulai karir sebagai pianis semenjak 12 tahun. Beberapa penghargaan telah disabet Ronald, antara lain pada tahun 2004 yaitu juara pertama pada ASEAN Chopin Piano Competition di Malaysia.

         Selain itu, ia juga menjadi juara kedua pada National Piano Competition for young pianist di Indonesia, tahun 2013 yaitu The Most Distinguished Pianist with Special Mention of talent' dari IBLA Grand Prize di Italia dan salah satu finalis pada the 6th Rhodes International Piano Competition tahun 2014.(ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 23-10-2015 23:43:33

Tidak ada komentar: