Sabtu, 12 Oktober 2019

Albania





PBatik koleksi Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid. menarik perhatian Warga Albania yang digelar KBRI Sofia mempzringati Hari batik sekaligus perayaan hubungan diplomatik yang ke - 25 Republik Indonesia dan Republik Albania. (KBRI)
London (ANTARA) -        KBRI Sofia menggelar pameran batik untuk yang pertama kalinya di Tirana, Albania. Albania merupakan negara kecil di kawasan Balkan yang terletak dekat dengan Italia dan sekitar lebih dari 50 persen penduduknya muslim dalam rangka Resepsi Diplomatik Peringatan HUT RI ke -74 dan sekaligus Hari Batik tanggal 2 Oktiber.

      Pameran digelar di Museum Sejarah Nasional, di Tirana, Albania  pada Jumat.(4/10)
dengan beragam koleksi batik tulis  lawas dari Jawa dan Sumatera. Batik - batik berusia hampir puluhan tahun koleksi Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid.

      Sekretaris pertama pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia kepada Antara London, Sabtu mengatakan ratusan pengunjung hadir dalam acara pameran sekaligus perayaan hubungan diplomatik yang ke - 25 Republik Indonesia dan Republik Albania.

       Dalam sambutannya Dubes RI Sofia mengharapkan dengan pameran batik ini, masyarakat Albania akan dapat semakin mengenal Indonesia. Mengingat jarak yang jauh antara kedua negara dan masih sangat sedikitnya ekspose mengenai Indonesia.

       Konsul Kehormatan RI di Tirana,  Irma Kaplani menyampaikan kerjasama kedua negara telah berjalan baik selama ini di tingkat bilateral dan multilateral, dan diharapkan akan terus meningkat dengan kerjasama di bidang kebudayaan.

       Dalam acara pameran ini, pengunjung juga disuguhkan pertunjukan tarian Topeng Kelana Surakarta, pameran foto, serta promosi produk Indonesia. Pengunjung mengaku senang menghadiri pameran tersebut dan mengagumi keindahan kain batik lawas yang dipamerkan dan filosofi dibaliknya.

Tidak ada komentar: