Senin, 01 November 2010

PADUAN SUARA

INDONESIA BORONG GELAR PADUAN SUARA DI PRAHA

London, 1/11 (ANTARA) - Paduan suara mahasiswa dari tiga universitas di Indonesia memborong berbagai gelar di kompetisi paduan suara di Praha, Ceko, 29-31 Oktober.

Paduan suara tersebut adalah PSM Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Padjadjaran Bandung, dan Universitas Bina Nusantara Jakarta, kata Konsul Pensosbudpar KBRI Praha, Republik Ceko, Azis Nurwahyudi, dalan keterangan persnya yang diterima ANTARA, di London, Senin.

Menurut Azis Nurwahyudi, ketiga PSM itu berhasil menorehkan prestasi gemilang meraih penghargaan emas, bersaing dengan 16 kelompok paduan suara dari 10 negara, yakni Bulgaria, Kroasia, Irlandia, Siprus, Hungaria, Jerman, Norwegia, Slovenia, Swis dan Ceko sebagai tuan rumah.,
PSM Universitas Airlangga memenangkan kompetisi pada kategori lagu-lagu folklore sekaligus meraih koreografi terbaik, sementara Universitas Padjadjaran memenangkan gelar pada kelompok penyanyi wanita dan lagu-lagu sakral.

Universitas Bina Nusantara meraih juara pada kelompok campuran pria dan wanita, serta penghargaan khusus untuk dua kategori. Universitas Bina Nusantara juga meraih juara umum pada ajang itu.

Duta Besar RI di Praha Emeria Siregar, yang menyaksikan kompetisi itu, menyatakan rasa bangga dan menyampaikan penghargaan kepada seluruh peserta yang telah mengharumkan nama Indonesia di Ceko.

Menurut Dubes, ajang kompetisi seperti itu dapat menjadi satu cara untuk lebih memperkenalkan Indonesia dan memperluas hubungan antar bangsa.

Azis Nurwahyudi mengatakan, ketiga PSM juga akan ditampilkan KBRI Praha pada acara Konser Bersama tiga Universitas "Save Our Heritage", di Museum Alat Musik, Praha, Senin.

Acara itu akan membawakan berbagai lagu daerah, lagu Indonesia Pusaka serta lagu Ceko "Ma Hvezda".
Konser bersama yang diselenggarakan di tengah terjadinya berbagai bencana di Indonesia itu diharapkan semakin menumbuhkan rasa peduli dan cinta tanah air di kalangan generasi muda.

***4***
(T.H-ZG/C/s018/s018) 01-11-2010 17:00:49

Tidak ada komentar: