Selasa, 17 Juli 2012

SOP BUNTUT


RENDANG DAN SOP BUNTUT DIGEMARI DI SPANYOL

          London, 12/7 (ANTARA) -  Berbagai jenis masakan Indonesia diantaranya rendang, sop buntut, gado-gado, iga bakar, sate, nasi goreng, es dawet, jajan pasar dan lainnya diminati masyarakat Spanyol.

         Dua chef dari Indonesia Robertus Wisnu  dari Melia Yogyakarta  dan Koderko ´Prasetyo dari Melia Bali tidak saja menyajikan kuliner Indonesia tetapi juga mendekorasi ruangan restoran seperti di Indonesia.

         Counsellor KBRI Madrid , Theodorus Satrio Nugroho kepada ANTARA    London, Kamis mengatakan Pekan Gastronomi Indonesia digelar di Hotel Melia Princesa, Madrid dan di Hotel Melia Los Lebreros di Sevilla.

         Sekitar 300 orang menikmati berbagai masakan dan minuman khas Indonesia, namun yang lebih penting adalah promosi melalui media massa di mana sekitar 50 media memberitakan gastronomi Indonesia baik di Madrid ataupun di Sevilla.

         Dikatakannya KBRI Madrid bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Hotel Melia, selama dua minggu mengajak "lidah" orang Spanyol berkelana  ke Indonesia.

         Pekan gastronomi Indonesia ini merupakan kegiatan kedua kalinya diadakan sebelumnya pada bulan Januari juga dilaksanakan kegiatan sejenis.

         Menurut Dubes Adiyatwidi Adiwoso A, promosi gastronomi Indonesia perlu dilakukan secara berkelanjutan karena makanan merupakan media yang efektif untuk menggambarkan suatu negara. Yang paling ideal adalah adanya restoran yang menyajikan masakan Indonesia, ujarnya.

         Saat ini terdapat beberapa restoran Indonesia di Barcelona, Alicante dan beberapa kota lainnya sayangnya di kota Madrid tidak ada, pernah ada namun tutup pada tahun 2008.

         Diharapkan dengan pekan gastronomi ini dapat mendorong masyarakat Spanyol, bekerjasama dengan orang Indonesia,  untuk membuka restoran Indonesia di Madrid.

    ***2***
(ZG)

(T.H-ZG/B/M019/M019) 12-07-2012 06:40:01

Tidak ada komentar: