Jumat, 19 April 2013

JERMAN



"LINK AND MATCH" JARING MAHASISWA DI JERMAN

          London, 19/4 (Antara) - KBRI Berlin dan Asosiasi Industri Mesin dan Alat Konstruksi Jerman (VDMA) menjaring mahasiswa Indonesia di Jerman melalui sebuah kegiatan seperti "Link and Match" di Messe Munich untuk menjembatani antara mereka dengan industri di sana. 
    Sekretaris Dua KBRI Berlin, Purno Widodo kepada Antara, di London, Jumat mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam kaitan Indonesia sebagai negara mitra Bauma 2013 diadakan untuk menjembatani kebutuhan indistri Jerman akan tenaga kerja di bidang engineering.

         Sementara itu Dubes RI-Berlin Eddy Pratomo menjelaskan forum ini sengaja digagas untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia di Jerman menggali potensi masa depan dengan menjalin hubungan secara langsung di berbagai perusahaan internasional bidang konstruksi dan pertambangan.

         "Harapan kami, dapat menampung dan mengembangkan keahliannya sehingga pada saatnya nanti akan berkontribusi kepada pembangunan nasional Indonesia," katanya. 
    Managing Director German Construction Equipment and Building Material Machinery Association, Joachim Schmid menyatakan Jerman juga siap untuk datang dan diajak berbicara guna memberikan kontribusi dan solusi atas berbagai tantangan pembangunan di Indonesia, bukan hanya sekedar menjual mesin-mesin berteknologi tinggi. 
    Kepala Perencanaan Kementerian ESDM Sujatmiko mengakui, salah satu penghambat utama pembangunan nasional Indonesia saat ini adalah minimnya infrastruktur.

         Untuk itu, kata Sujatmiko, peran mahasiswa Indonesia sangatlah penting, yaitu sebagai agen perubahan dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi aset penting dalam pembangunan nasional.

         Pameran ini merupakan yang terbesar di dunia dan diselenggarakan tiga  tahun sekali di arena pameran atau Messe kota München selama tujuh  hari.

         Pada 2010, Bauma diikuti 3.150 peserta dari 53 negara.

         Industri teknik mesin dan alat konstruksi Machinen- und Anlagenbau adalah cabang industri terbesar di Jerman menurut jumlah karyawannya dan omsetnya nomor dua terbesar setelah industri otomotif.

         Bauma adalah pameran khusus perdagangan (trade fair) untuk mesin-mesin konstruksi, mesin berat dan ringan untuk pembangunan, pertambangan dan alat-alat transportasi-logistik.

         Bauma juga diperluas ke China dan diadakan dua tahun sekali di Shanghai.

          Acara Link and Match yang juga sejalan dengan pemberdayaan diaspora Indonesia dan dihadiri 25 mahasiswa Indonesia di Jerman dan dihadiri Managing Director German Construction Equipment and Building Material Machinery Association, Joachim Schmid.

         Selain itu juga hadir  Kepala Perencanaan Kementerian ESDM Sujatmiko, Ketua Komite Jerman, Austria, Swiss KADIN Indonesia/Ketua Perhimpunan Alumni Jerman Ilham Habibie serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin Prof Agus Rubiyanto. 
***4***
(ZG)

(T.H-ZG/B/E. Sujatmiko/E. Sujatmiko) 19-04-2013 06:25:36

Tidak ada komentar: