Rabu, 10 April 2013

DUBES


 
DUBES: KEKUATAN EKONOMI BERGESER KE TIMUR

         London, 10/4 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Rpublik Irlandia Hamzah Thayeb mengatakan bahwa para pakar menyebutkan kekuatan ekonomi akan bergeser dari Barat ke Timur dan  masa depan menjadi milik Asia.

        Hal itu disampaikan Dubes pada seminar "Indonesia and the UK Trade and Investment Presentation" yang diadakan KBRI London bekerja sama dengan The Institute of Directors (IOD) di Ruang Crutacala KBRI London, Selasa malam waktu setempat. 
   Seminar dihadiri sekitar 100 peserta dari kalangan usaha anggota IOD dan perwakilan UKTI/UK ASEAN Business Council itu bertujuan mempromosikan potensi ekonomi Indonesia dan memperluas jaring dengan berbagai elemen bisnis di Inggris, termasuk asosiasi pengusaha dan kalangan professional.

        Kegiatan Indonesia and the UK ¿ Trade and Investment Presentation dipimpin Wakil Ketua Institute of Directors, David Stringer Lamarre, menghadirkan Atase Perdagangan KBRI London Merry Maryati, Kepala Perwakilan BKPM London JS Meyer Siburian dan Kepala PR Prudential, Namali Mackay.

        Lebih lanjut Dubes Hamzah Thayeb Anda menjelaskan tentang potensi ekonomi Indonesia dan sejak Indonesia menjadi anggota G-20 dengan pendapatan tahunan lebih dari satu triliun dolar, Indonesia disebutkan sebagai salah satu emerging market yang diharapkan dapat menjadi mesin pertumbuhan ekonomi masa depan global.

        Dubes mengatakan investasi asing di Indonesia tumbuh sebesar 37 persen menjadi 19 miliar dollar AS, sementara pada tahun 2012 tumbuh sebesar 26 persen menjadi 23 miliar dollar AS. Indonesia berusaha  meningkatkan pertumbuhan ini sebesar 38 persen tahun ini menjadi sekitar  40 miliar dollar AS.

        Sementara Atase perdagangan KBRI London Merry Maryati memaparkan potensi perdagangan Indonesia dan juga neraca perdagangan Indonesia dan Inggris, yang dalam dua tahun terakhir Inggris hanya mengekspor kurang dari 1 persen dari produknya ke Indonesia, oleh karena itu masih banyak ruang bagi peningkatan nilai perdagangan bilateral kedua negara.

        Beberapa komoditi unggulan Indonesia antara lain tekstil, karet, minyak kelapa sawit, alas kaki, elektronik, udang dan kopi. Sedangkan, beberapa komoditi potensial Indonesia yang dapat dipromosikan lebih lanjut adalah produk dari kulit, peralatan kesehatan, ikan, dan essential oils.

        Sementara Kepala BKPM Meyer Siburian memaparkan poitensi investasi di Indonesia dan kebijaksanaan bagi para investor serta berbagai investasi yang ditawarkan. 
   Namali Mackay dari Prudential yang merupakan perusahaan asuransi terkemuka di Eropa memaparkan kisah sukses perusahaannya di Indonesia . "Indonesia adalah biggest success story for Prudential dan skala bisnis Prudential di Indonesia lebih besar daripada bisnis Prudential di Inggris," ujar Namali Mackay.

        Dikatakannya Prudential bekerja sama secara erat dengan Pemerintah Indonesia (termasuk biggest tax payer bagi Pemerintah Indonesia dengan kontribusi corporate social responsibility yang juga signifikan dan secara kontinu berupaya ikut memajukan hubungan bilateral RI-Inggris
   Prudential menjadi sponsor berbagai kegiatan antara lain pameran lukisan kontemporer Indonesian Eye, trade visit ke Indonesia bagi SMEs Inggris (2012), trade visit oleh APPG Trade and Investment (2013) dan kegiatan seminar bisnis bagi pelajar Indonesia di Inggris yang diselenggarakan di Univ. Nottingham (2013);
   Menurut Namali Mackay, iklim investasi di Indonesia mendukung kesuksesan Prudential dengan adanya open investment climate, tax regime, serta English widely spoken.

        Sementara itu Honorary Secretary IOD, Mei Sim Lai, mengatakan Kegiatan ini baik untuk menyampaikan update mengenai perkembangan dan capaian-capaian Indonesia dan hubungan bilateral RI-Inggris dan juga untuk meningkatkan awareness publik dan kalangan usaha Inggris mengenai Indonesia.

        IOD cabang City of London memiliki sekitar 1200 anggota dan termasuk cabang IOD yang paling bergengsi dari segi kompetensi anggota. Chairman IOD cabang City of London saat ini adalah Alderman David Wootton yang pernah menjabat sebagai Lord Mayor of the City of London periode 2011-2012. ***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B. Situmorang/B. Situmorang) 10-04-2013 19:09:20

Tidak ada komentar: