Rabu, 22 Januari 2014

BELANDA

BELANDA SERAHKAN 12 RIBU BUKU MILIK KIT

London, 22/1 (ANTARA) - Belanda menyerahkan sebanyak 12.000 buku mengenai Indonesia terbitan pasca 1950 koleksi Koninklijk Instituut voor de Tropen (KIT), Amsterdam kepada Pemerintah Republik Indonesia khususnya untukKementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Retno L.P. Marsudi, atas nama Pemerintah Republik Indonesia secara resmi telah menerima transfer buku-buku tersebut di KBRI Den Haag, ujar Sekretaris I Pensosbud KBRI Denhaag, Danang Waskito kepada ANTARA London, Rabu.

Penandatangan berita acara serah terima transfer buku-buku tersebut dilakukan Duta Besar Retno L.P. Marsudi dengan Presiden KIT, Dr. D.J. Vermeer, dihadiri wakil dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda, KIT Belanda serta pejabat KBRI Den Haag.

Dikatakannya sejak tahun 2013, KIT Belanda memutuskan menutup perpustakaannya. Melalui beberapa pertemuan dan pembicaraan antara KBRI Den Haag dan KIT Belanda, akhirnya disepakati Indonesia akan menjadi "tuan rumah" bagi sebagian koleksi KIT.

Sebagian lainnya, terutama untuk kategori peta-peta dan warisan budaya akan dipindahkan ke perpustakaan Leiden University Belanda dan KITLV Belanda. Buku-buku tersebut akan dikirimkan ke Indonesia pada Jumat, 24 Januari dan Kemendikbud RI untuk sementara akan menampung buku-buku dari KIT Belanda tersebut.***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 22-01-2014 10:14:57

Tidak ada komentar: