Rabu, 08 Januari 2014

LINDA



LINDA FLANAGAN DIASPORA YANG RAJIN PROMOSIKAN INDONESIA 


Oleh Zeynita Gibbons

Bagi masyarakat Irlandia khususnya di kota Killarney, nama Linda Flanagan (37) sudah tidak asing lagi dan sering menghias media massa di Irlandia karena kegiatannya dalam mempromosikan Indonesia di kalangan masyarakat setempat.

Selain mengajar salsa dan zumba dan memperkenalkan budaya serta kuliner Indonesia dalam berbagai kesempatan, Linda Flanagan yang membuka usaha penginapan break and breakfast (B&B) di kota wisata Killarney, juga pernah mengelar berbagai acara dan malam dana membantu berbagai kalangan .

Wanita yang mendapat gelar cum lauda di Institute Teknologi Tralee di bidang Interaktif Multi Media itu selalu aktif mempromosikan Indonesia dalam berbagai kesempatan diantaranya acara malam dana untuk membantu korban tsunami yang melanda Aceh beberapa tahun silam pernah digelarnya bekerja sama dengan UNICEF di gedung Siamsatire di kota Tralee, sekitar empat jam dari Dublin, ibukota Republik Irlandia.

Acara malam dana dan promosi budaya, yang bertajuk "Meet The World" diisi dengan penampilan kesenian dari berbagai negara seperti Bulgaria, Ethiopia, Brasil, Pilipina, dari Irlandia serta Indonesia dengan penari Robin Jack dari Belanda, mendapat sambutan masyarakat Irlandia itu dihadiri staf KBRI London juga diisi dengan peragaan busana dari Linda's collection.

Selain itu wanita yang gemar traveling juga pernah mengelar acara malam budaya Indonesia bekerjasama dengan perkumpulan masyarakat Indonesia yang ada di Irlandia, Indo Irish Assosiation (IIA) di Clontarf Castle, Dublin dengan menampilkan berbagai kesenian Indonesia dan dihadiri DCM KBRI London pada saat itu dijabat Eddy Pratomo.

Acara lain yang pernah digelar Linda Flanagan ialah pengumpulan dana untuk yayasan yang dikelola Nizma Agustjik di London membantu anak anak korban konflik di Ambon dan Aceh yang diadakan di Brandon Hotel Tralee.

Selain itu Ibu dua anak Emma (10) dan Eva (8) mengelar acara malam dana yang dipadukan penampilan kesenian dengan menampilkan penari kakak beradik dari Belanda, Amie dan Feby dalam rangka mengumpulkan dana untuk yayasan sosial "Enable Ireland Charity" untuk anak anak penyandang disabilitas.

Linda yang aktif dalam berbagai kegiatan yang diadakan di kotanya juga pernah mengelar malam dana membantu anak rekannya yang menderita kelainan dalam rangka meringankan beban Vera.

Setiap kali Linda mengelar acara baik berupa kegiatan sosial maupun sebagai guru Salsa dan Zumba yang saat ini sangat populer selalu mendapat liputan dari media setempat di Irlandia. Terakhir Linda mengelar acara Zumba Christmas Party di salah satu hotel terkemuka di Killarney yang dihadiri lebih dari seratus undangan.

Linda Flanagan, satu-satunya wanita Indonesia yang menetap di kota kecil Tralee yang berupaya memperkenalkan nama Indonesia dalam berbagai kesempatan. Dalam acara "House warming party," yang diadakan di rumah barunya di kota wisata Killarney, pada akhir pekan diawal tahun 2014, Linda Flanagan mengundang rekan-rekannya dari berbagai negara dengan memperkenalkan kuliner Indonesia berupa nasi Tumpeng.

"Indonesia The best food in the world," ujar salah seorang rekan Linda yang datang bersama sang istri dalam acara yang diadakannya minggu sore.
Hidangan berupa tumpeng nasi kuning yang menjadi salah satu ikon yang dipromosikan Kementerian Pariwisata lengkap dengan urap dan tempe serta tahu bacem, ludes disantap para tamunya.

"Saya senang banyak yang datang dalam acara saya kali ini," ujar Linda yang mengenakan kebaya tradisional dipadu dengan jelana jeans. Dalam pesta pindahan rumah yang dimeriahkan dengan penampilan Drum dance Ireland, oleh Urs Wenk, seniman dari Swiss, juga hadir dari kalangan komunitas Malaysia yang bekerja di kota wisata Killarney.

"Umumnya rekan saya dari Malaysia bekerja di bidang perhotelan," ujar Linda yang merupakan satu-satunya orang Indonesia di Tralee dan ada juga seorang dari Singapura ikut meramaikan pesta pindahan Linda bersama sang suami Mark Flanagan dan kedua putri mereka.

Linda Flanagan kelahiran Padang dari keluarga Jawa itu hijrah ke Tralee pada tahun 2002, dan baru saja pindah ke Killarney kota pariwisata di Irlandia mengawali hidup baru bersama sang suami Mark Flanagan. Wanita cekatan itu sehari- hari mengajarkan salsa dan zumba yang lagi populer di pusat kota Killarney tidak ada lelahnya untuk mempromosikan Indonesia di Irlandia.

Meskipun jauh, nama Indonesia selalu melekat dalam dirinya dan masih banyak keinginan wanita yang bercita cita mengelar pameran pariwisata di kota Killarney yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Killarney, salah satu kota wisata di Irlandia selain dengan pemandangan pegunungan yang indah juga terdapat danau serta Ross Castle yang banyak dikunjungi wisatawan.

"Rasanya kalau saja saya bisa mengelar pameran pariwisata Indonesia di Killarney, akan berdampak pada tidak hanya berpromosi untuk masyarakat di Irlandia tetapi turis mancanegara yang berwisata ke Irlandia," demikian Linda Flanagan yang berharap dapat bantuan dari Kementerian Pariwisata.

***2***
(ZG)
(T.H-ZG/B/Z. Meirina/Z. Meirina) 07-01-2014 23:05:26

Tidak ada komentar: