INDONESIA
PROMOSIKAN IKON KULINER DI VAKANTIBEURS BELANDA
London 8/1 (ANTARA) - Sebanyak 30 Ikon Kuliner
Tradisional Indonesia (IKTI) akan diperkenalkan dalam acara pameran
pariwisata Vakantiebeurs yang berlangsung di Jaarbeurs Utrecht,
Belanda mulai 14 hingga 19 Januari mendatang.
Dalam mempromosikan ikon kuliner Indonesia, Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara khusus membawa juru masak
terkemuka, chef, Vindex Tengker, demikian Wakil Direktur promosi
pariwisata luar negeri khusus wilayah Eropa-Kementerian Pariwisata
dan Ekonomi Kreatif, Agustini Rahayu, kepada ANTARA London, Rabu.
Dikatakannya di Paviliun Indonesia tersedia khusus Stand
Kuliner yang digunakan untuk tempat demo dan display 30 ikon kuliner
Indonesia di antaranya Rendang, Sate Maranggi, Sate Lilit Bali dan
Ayam Panggang Bumbu Rujak.
Stand Kuliner ini dalam pelaksanaannya bekerjasama
dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi membawa dua Chef
dari Indonesia untuk melakukan demo masakan 30 IKTI selama pameran
berlangsung. Selain itu juga akan dilakukan "culinary hands on
demo" di sebuah "cooking studio" di kota Utrecht.
Vakantiebeurs merupakan bursa pariwisata internasional
terbesar di Belanda yang pada 2009 Indonesia menjadi "partner
country" yang bertujuan memberikan kesempatan bagi kalangan
industri pariwisata khususnya travel trade, hotelier, penerbangan di
seluruh dunia mengembangkan hubungan bisnis baru di bidang
pariwisata.
Ia mengatakan Belanda merupakan salah satu negara di
Eropa yang memiliki hubungan historis dan kultural dengan Indonesia.
Wisatawan asal Belanda yang berkunjung ke Indonesia
mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun. Pada Januari-Agustus 2013,
jumlah wisman asal Belanda mencapai 101.735 wisman, naik 2,14 persen
dari 2012 sebesar 99.601. Target wisman asal Belanda di 2013 adalah
185.000, sementara pada 2012, wisman asal Belanda mencapai 147.704.
Untuk 2014 ditargetkan 190.000 wisatawan asal Belanda berkunjung ke
Indonesia.
Dikatakannya Paviliun Indonesia mengusung tema "Phinisi
& Kuliner" yang berada di Hall 4 No. C 066. Industri
pariwisata yang ikut mempromosikan pariwisata Indonesia adalah
Smaragd Reizen, Adventure Sumatera, Antar Anda Tour, Dari-Java
Indonesie Travel, Sunda Trails, Bali Exotic Holidays, Tari Travel,
Domestic Asia, Budi Tours (PT. Asli Budi Tours & Travel), Synergi
Ravelino Tour & Travel, Panorama Destination, Happy Holiday,
Aerowisata, Pure Travel, dan Buitenzorg Reizen.
Di Paviliun Indonesia juga digelar Media workshop selama
dua jam dengan mengundang 100 journalist Belanda dan Internasional
di Juliana Restaurant, Amsterdamsestraatweg Utrecht.
Selain
itu juga digelar Trade Day Networking dengan mengundang 50 travel
operator yang setia membantu mendatangkan wisman Belanda untuk
pencapaiaan target Wisman dan digelar pertunjukkan kesenian dan
penampilan Solo Batik Karnival, kata Agustini Rahayu.***2***
(ZG)
(T.H-ZG/C/S.
Suryatie/S. Suryatie) 08-01-2014 06:20:51
1 komentar:
Menarik sekali tulisannya mbak. Saya senang membacanya. Rabu kemarin sempat berjumpa sejenak di hal, Vakantiebeurs. Semoga sukses ya mbak. Mampir juga ke www.sepakbolanda.com. Bisa kenalan dengan banyak pemain sepak bola Belanda keturunan Nusantara.
Posting Komentar