Rabu, 08 Januari 2014

IKON

INDONESIA PROMOSIKAN IKON KULINER DI VAKANTIBEURS BELANDA

London 8/1 (ANTARA) - Sebanyak 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI) akan diperkenalkan dalam acara pameran pariwisata Vakantiebeurs yang berlangsung di Jaarbeurs Utrecht, Belanda mulai 14 hingga 19 Januari mendatang.

Dalam mempromosikan ikon kuliner Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara khusus membawa juru masak terkemuka, chef, Vindex Tengker, demikian Wakil Direktur promosi pariwisata luar negeri khusus wilayah Eropa-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agustini Rahayu, kepada ANTARA London, Rabu.

Dikatakannya di Paviliun Indonesia tersedia khusus Stand Kuliner yang digunakan untuk tempat demo dan display 30 ikon kuliner Indonesia di antaranya Rendang, Sate Maranggi, Sate Lilit Bali dan Ayam Panggang Bumbu Rujak.

Stand Kuliner ini dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi membawa dua Chef dari Indonesia untuk melakukan demo masakan 30 IKTI selama pameran berlangsung. Selain itu juga akan dilakukan "culinary hands on demo" di sebuah "cooking studio" di kota Utrecht.

Vakantiebeurs merupakan bursa pariwisata internasional terbesar di Belanda yang pada 2009 Indonesia menjadi "partner country" yang bertujuan memberikan kesempatan bagi kalangan industri pariwisata khususnya travel trade, hotelier, penerbangan di seluruh dunia mengembangkan hubungan bisnis baru di bidang pariwisata.

Ia mengatakan Belanda merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki hubungan historis dan kultural dengan Indonesia.
Wisatawan asal Belanda yang berkunjung ke Indonesia mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun. Pada Januari-Agustus 2013, jumlah wisman asal Belanda mencapai 101.735 wisman, naik 2,14 persen dari 2012 sebesar 99.601. Target wisman asal Belanda di 2013 adalah 185.000, sementara pada 2012, wisman asal Belanda mencapai 147.704. Untuk 2014 ditargetkan 190.000 wisatawan asal Belanda berkunjung ke Indonesia.

Dikatakannya Paviliun Indonesia mengusung tema "Phinisi & Kuliner" yang berada di Hall 4 No. C 066. Industri pariwisata yang ikut mempromosikan pariwisata Indonesia adalah Smaragd Reizen, Adventure Sumatera, Antar Anda Tour, Dari-Java Indonesie Travel, Sunda Trails, Bali Exotic Holidays, Tari Travel, Domestic Asia, Budi Tours (PT. Asli Budi Tours & Travel), Synergi Ravelino Tour & Travel, Panorama Destination, Happy Holiday, Aerowisata, Pure Travel, dan Buitenzorg Reizen.

Di Paviliun Indonesia juga digelar Media workshop selama dua jam dengan mengundang 100 journalist Belanda dan Internasional di Juliana Restaurant, Amsterdamsestraatweg Utrecht.
Selain itu juga digelar Trade Day Networking dengan mengundang 50 travel operator yang setia membantu mendatangkan wisman Belanda untuk pencapaiaan target Wisman dan digelar pertunjukkan kesenian dan penampilan Solo Batik Karnival, kata Agustini Rahayu.***2***
(ZG)
(T.H-ZG/C/S. Suryatie/S. Suryatie) 08-01-2014 06:20:51


1 komentar:

sepakbolanda mengatakan...

Menarik sekali tulisannya mbak. Saya senang membacanya. Rabu kemarin sempat berjumpa sejenak di hal, Vakantiebeurs. Semoga sukses ya mbak. Mampir juga ke www.sepakbolanda.com. Bisa kenalan dengan banyak pemain sepak bola Belanda keturunan Nusantara.