Sabtu, 18 Januari 2014

RUMANIA


PRESIDEN RUMANIA SAMPAIKAN APREASIASI KASUS NICOLAE POPA 

Zeynita Gibbons

      London, 17'/1 (Antara) -   Presiden Romania, Traian Basescu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atas penyelesaian kasus Nicolae Popa yang diekstradisi ke Romania pada bulan Maret 2011 lalu.

     Hal itu disampaikan  Presiden  Basescu ketika menerima  Dubes RI yang baru untuk  Rumania Dubes Diar Nurbintoro di lstana Kepresidenan "Cotro Ceni" Bucharest dalam rangka menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Rl, Susilo Bambang Yudhoyono, demikian Sekretaris Satu KBRI Rumania, Gatot Amrih Djemirin kepada Antara London, Jumat.

     Nicolae Popa, warga negara Rumania yang terlibat kasus penggelapan uang, diekstradisi ke negaranya setelah Presiden SBY  menyetujui ekstradisi tersebut pada 22 Maret 2011 lalu.

     Presiden  Basescu yang  telah mengirimkan undangan dua kali  mengharapkan Presiden SBY dapat melakukan kunjungan ke Romania  dan telah diberikan tanggapan oleh Presiden Rl bahwa akan segera dijadwalkan.

     Penyerahan surat kepercayaan Dubes  Diar Nurbintoro, dilakukan 15 Januari lalu  bersamaan dengan beberapa negara sahabat  seperti Dubes  Pakistan, Hongaria dan 14 Dubes non residen yang diakreditasi ke Romania.

    
Pada kesempatan tersebut, Dubes  Diar Nurbintoro menyampaikan salam hangat dari Presiden Rl, Susilo Bambang Yudhoyono untuk Presiden Romania dan mengharapkan hubungan bilateral RI-Romania yang telah berjalan dengan baik dapat ditingkatkan dan mengharapkan agar bangsa dan masyarakat Romania selalu diberikan kesejahteraan dan kemakmuran.

     Menurut  Dubes  Diar Nurbintoro, pada kesempatan setelah penyerahan Surat Kepercayaan, Presiden Romania  menyampaikan keinginannya untuk melakukan pertemuan selama kurang lebih 30 menit guna membahas masalah isu-isu bilateral kedua negara.

     Dubes Diar Nurbintoro menekankan pentingnya peningkatan hubungan perdagangan kedua negara yang perlu ditingkatkan secara konkrit. Upaya peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan adanya "people to people contact" antar pejabat, pengusaha dan masyarakat kedua negara dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti keikutsertaan secara aktif dalam pameran internasional di masing-masing negara.

          Selain itu saling kunjungan bisnis serta kunjungan para pejabat pengambil keputusan kedua negara sebagai tindak lanjut mengisi sejarah kedua negara dengan kegiatan yang nyata.

     Sehari sebelum menyerahkan surat kepercayaan tersebut, Dubes  Diar Nurbintoro,  diterima oleh State Secretary of Romania, Radu Podgoreanu, dan Direktur Protokol Kemlu, Dubes Georghe Dinica, untuk menyampaikan salinan  surat kepercayaan Pemerintah Rl dan membicarakan prosesi tahapan penyerahan surat kepercayaan dan beberapa hal.

     Romania sebagai bagian dan anggota Uni Eropa  sementara Indonesia sebagai bagian dan anggota ASEAN, memiliki kedudukan dan status yang sangat penting sehingga sangat diharapkan untuk dapat lebih meningkatkan kerjasama kedua negara.

     Diharapkan  hubungan kerjasama dapat ditingkatkan sebagai  upaya Economic Development Relations diantara kedua negara, Minister Radu juga menyampaikan arti penting Romania sebagai pintu masuk untuk pasar UE khususnya dengan letaknya yang strategis di Laut Hitam (Black Sea) serta didukung oleh pelabuhan yang ada sebagai pintu gerbang ke UE melalui sungai Danube.

     Dubes  Diar Nurbintoro menyampaikan untuk mendukung kerjasama pembangunan ekonomi kedua negara perlunya diberikan kemudahan, antara lain apa yang diajukan Pemerintah Rl untuk segera direalisasikannya Perjanjian bebas visa Diplomatik dan Dinas antar kedua negara. Hal ini akan lebih memudahkan saling kunjung bagi pejabat dan parlemen kedua negara, demikian Dubes  Diar Nurbintoro.***1***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 17-01-2014 09:06:27

Tidak ada komentar: