Rabu, 19 Februari 2014

SOFIA


INDONESIA JARING WISATAWAN EROPA TIMUR

          London, 15/2 (Antara) - Indonesia berupaya menjaring wisatawan dari Eropa Timur dalam pameran pariwisata "the 31st International Tourist Fair Holiday & Spa Expo 2014", yang berlangsung di Sofia, Bulgaria.

         Dubes RI untuk Sofia, Bunyan Saptomo mengatakan keikutsertaan Indonesia merupakan salah satu upaya  memperkenalkan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat Bulgaria secara berkesinambungan.

         Minister counsellor Fungsi Politik dan  Ekonomi KBRI Sofia Pranowo Prawirokusumo kepada Antara London, Sabtu mengatakan pameran berlangsung selama tiga hari dan dibuka Deputi PM Daniela Bobeva, didampingi Deputi Menteri Pariwisata, Branimir Botev, di Inter Expo Sofia.  
    Wakil PM Bobeva dalam perbincangan singkat dengan Dubes  menyatakan keinginannya untuk berwisata ke Indonesia.

         Dikatakannya expo yang diorganisir oleh Tourism Agency Kementerian Ekonomi dan Energi Bulgaria ini, merupakan salah satu expo pariwisata dan spa tahunan terbesar di Bulgaria.

         Selain Bulgaria, Expo kali ini diikuti lebih dari 250 peserta dari 22 negara di Eropa, Amerika Afrika dan dari Asia hanya Indonesia, Thailand, Cina, dan India yang ikut.  
    Pranowo Prawirokusumo mengatakan sebagian besar peserta asing merupakan institusi pemerintah atau agen pariwisata yang didatangkan dari masing-masing negaranya.  Hanya Indonesia dan Afrika Selatan yang di wakili oleh Kedubesnya di Bulgaria, ujarnya.

         Tayangan mengenai daerah-daerah wisata di Indonesia serta alunan musik angklung dan kolintang mampu menarik pengunjung singgah di stand KBRI.

         Stand menayangkan hasil liputan jurnalis Bulgaria pada program "No Lugage" Bulgarian National TV di Propinsi Jawa Timur bulan Agustus tahun lalu.

         Berbagai hal yang ditanyakan pengunjung antara lain terkait destinasi wisata Indonesia selain Bali, termasuk budaya, bahasa dan kuliner.  Beberapa tour operator juga  meminta kontak bisnis dengan tour operator di Indonesia.

         Bali sudah cukup dikenal masyarakat setempat dan menjadi salah satu tujuan wisata dari Bulgaria khususnya kelas menengah-atas.

         Beberapa pengunjung yang pernah berwisata  ke Bali  menyampaikan kesan puasnya dan berharap dapat berkunjung kembali ke Indonesia untuk menjelajah destinasi wisata di daerah lainnya.

         Wisata air, seperti pantai, surfing, dan diving, masih menjadi sasaran utama warga Bulgaria. Meskipun demikian, tidak sedikit yang menanyakan wisata spiritual serta obyek  peninggalan sejarah di Indonesia dan komodo.

         Pranowo Prawirokusomo mengatakan, keikutsertaan Indonesia pada Expo kali ini antara lain ditujukan untuk memperkenalkan tujuan wisata di wilayah Indonesia lainnya yang tidak kalah menarik dari Bali.  
    Antusiasme pengunjung terlihat ketika penjaga stand KBRI memberikan penjelasan mengenai daerah-daerah wisata melalui peta Indonesia yang terpampang di dinding stand.

         Tayangan audio visual juga membantu penjaga stand memberikan gambaran mengenai keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia.

    (T.H-ZG/C/S. Suryatie/S. Suryatie) 15-02-2014 20:59:00

Tidak ada komentar: