Senin, 10 Februari 2014

SPANYOL

BUKU 55 TAHUN PERSAHABATAN INDONESIA-SPANYOL DILUNCURKAN

Oleh Zeynita Gibbons
London 6/2 (Antara) - Buku 55 tahun Persahabatan Indonesia-Spanyol telah diluncurkan dalam acara "El Almuerzo de Los Amigos de Indonesia" (Makan Siang bersama Sahabat Indonesia) di KBRI Madrid pada beberapa waktu lalu.

"Acara peluncuran buku tersebut dihadiri pejabat dari Spanyol di antaranya Dirjen Amerika Utara, Asia Pasifik dan Filipina, Kemlu Spanyol, Direktur Asia Pasifik dan Filipina, Kemlu Spanyol, beberapa mantan Dubes Spanyol di Indonesia," kata Counsellor Pensosbud KBRI Madrid, Theodorus Satrio Nugroho, kepada Antara di London , Kamis.

Selain itu juga hadir pejabat di CASA, pengusaha Spanyol dan praktisi di berbagai sektor di Spanyol yang memiliki hubungan dengan Indonesia, pejabat dari Kementerian Kerja Sama Luar Negeri Kerajaan Spanyol.

Dalam sambutannya, Dubes RI Madrid, Yuli Mumpuni Widarso, menyambut baik diselenggarakannya acara semacam ini sebagai salah satu wadah untuk mempererat hubungan Indonesia dan Spanyol.

Dubes menyatakan rasa bangga atas peluncuran buku "Indonesia-Spanyol: 55 Tahun Persahabatan" yang telah dimulai penyusunannya sejak masa Dubes Adiyatwidi Adiwoso Asmady.

Pada akhir sambutannya, Dubes secara simbolis menyerahkan buku tersebut kepada Direktur Jenderal Amerika Utara dan Asia Pasifik, Kementerian Kerja Sama Luar Negeri Kerajaan Spanyol, Ernesto de Zuleta Habsburgo Lorena.

Menurut Theodorus Satrio Nugroho, salah satu bagian yang menarik dari buku ini adalah bagian Bunga Rampai yang berisikan kesan dan harapan dari sejumlah masyarakat Spanyol dan Indonesia yang memiliki keterkaitan dalam pengembangan hubungan kedua negara.

Beberapa perwakilan penulis menyampaikan testimoni singkatnya, antara lain Pablo de Bergia (mantan pejabat di CASA), Paco Lopez (Yayasan Nusantara), Jose Luiz (Spaindo), serta Maria Archer arsitek yang merancang rumah-rumah di Aceh pasca tsunami.

Acara peluncuran buku sekaligus sebagai wadah promosi kuliner Indonesia dengan menghadirkan dua orang juru masak dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Kedua juru masak mempromosikan kuliner Indonesia melalui presentsi singkat dan melalui masakan Indonesia yang dihidangkan pada acara "El Almuerzo de Los Amigos de Indonesia" itu.

Sebelumnya, mereka juga berpartisipasi pada Pekan Gastronomi Indonesia (Jornadas GastronĂ³micas de Indonesia) 2014 di Hotel InterContinental Madrid pada 27 Januari-2 Februari lalu.

Acara yang diselenggarakan atas kerja sama KBRI Madrid dengan Hotel InterContinental Madrid dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini berhasil menarik perhatian masyarakat Spanyol untuk mencoba kuliner khas Indonesia. ***1*** (ZG)
(T.H-ZG/C/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 06-02-2014 10:16:11

Tidak ada komentar: