Kamis, 24 April 2014

JERMAN


ANIMO MASYARAKAT PEMILU INDONESIA DI JERMAN TINGGI

         London, 16/4 (Antara) -  Animo masyarakat Indonesia di wilayah Jerman Utara dan Berlin pada Pemilu 2014 tinggi terutama di beberapa negara bagian wilayah kerja KJRI Hamburg seperti Bremen, Hamburg, Niedersachsen dan Schleswig-Holstein.

        Hal itu disampaikan Konsul Penerangan, Sosial, dan Budaya Konsulat Jenderal RI Hamburg, Indri Rasad kepada Antara London, Rabu.

        Setelah dilakukan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2014, yaitu menjumlahkan  sebanyak 305 suara pemilih langsung dengan 1.002 suara pemilih melalui pos, dihasilkan sebanyak 1.307 suara pemilih di wilayah Jerman Utara.

        Rekapitulasi surat suara pemilu di Berlin yang dikirim via pos berjumlah 261, sedangkan yang datang ke TPS dilaksanakan pada 9 April berjumlah 577 suara.

        Setelah direkapitulasi, jumlah keseluruhan surat suara di wilayah rangkapan Berlin dan sekitarnya berjumlah 838 suara, ujar  Sekretaris Ketiga Penerangan, Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin, Laurie T Malau.

        Di KJRI Hamburg menghitung 1.002 surat suara pemilih dari keseluruhan sebanyak 1.926 yang telah dikirimkan melalui pos.

        Surat suara yang telah dikirimkan tersebut berasal dari para pemilih yang berdomisili di beberapa negara bagian wilayah kerja KJRI Hamburg, yaitu Bremen, Hamburg, Niedersachsen dan Schleswig-Holstein.

        Proses penghitungan suara telah berjalan baik dan lancar yang disaksikan tiga saksi yang terdiri dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan satu saksi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

        Acara dimulai dengan mencocokkan jumlah surat suara yang diterima dengan data penerimaan surat suara yang dihitung berdasarkan lokasi negara bagian para pemilih tersebut berdomisili.

     
Suara terbanyak
   Berdasarkan penghitungan surat suara, diketahui tiga partai yang memperoleh suara terbanyak yang terdiri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak 45,61 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) (13,27) dan Partai Gerindra (7,29).

        Setelah dilakukan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Legislatif 2014, yaitu menjumlahkan  sebanyak 305 suara pemilih langsung dengan 1.002 suara pemilih melalui pos, maka dihasilkan sebanyak 1.307 suara pemilih di wilayah Jerman Utara.

        Sebanyak 1.307 suara ini terdiri atas Partai Nasional Demokrat (NasDem) memperoleh 21 suara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat 17 suara, PKS (220), PDIP (587) dan Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 57 suara.

       Sementara itu,  Gerindra (96), Partai Demokrat (PD) memperoleh 44 suara, Partai Amanat Nasional (PAN) 57 suara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 25 suara, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 20 suara, Partai Bulan Bintang (PBB) 22 suara dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebanyak 19 suara.

        Pada pemilu ini terdapat 122 suara tidak sah, baik yang berasal dari pemilih langsung di TPSLN KJRI Hamburg maupun dari surat suara yang dikirimkan melalui pos.

        Jika dibandingkan dengan masyarakat Indonesia di wilayah Jerman Utara yang berjumlah 2.594 orang, maka partisipasi masyarakat Indonesia pada pemilu ini telah melebihi 50 persen. Hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat Indonesia di Jerman Utara untuk turut berpartisipasi menentukan wakil rakyat akan menduduki kursi legislatif periode 2014-2019.  ***1***


(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 16-04-2014 12:03:16

Tidak ada komentar: