Minggu, 27 April 2014

YORK


PROMOSI DI YORK MENARIK PERHATIAN RIBUAN PENGUNJUNG

     Oleh Zeynita Gibbons
    York, Inggris, 28/4 (Antara) - Promosi Indonesia dalam acara York International Festival yang mengangkat tema "A celebration of faith and culture" menarik perhatian ribuan pengunjung di Kota York, Inggris, akhir pekan lalu.

         Menurut Ketua Perhimpunan Pelajar Indonbesia (PPI) United Kingdom, Haikal Bekti Anggoro kepada Antara London, Senin, festival dalam rangka merayakan keberagaman agama dan budaya itu digelar di Parliament Street di pusat kota bersejarah tersebut.

         Promosi Indonesia itu didukung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, dihadiri ribuan pengunjung selama acara berlangsung dari pukul 10 pagi hingga pukul lima sore.

         Menurut Haikal, pada acara tersebut selain ditampilkan berbagai kebudayaan Indonesia, juga diisi kegiatan lainnya, seperti paduan suara dan tarian dari Rwanda, tarian ala Timur Tengah, kesenian Drum Taiko asal Jepang, grup musik asal Polandia, penyanyi asal Tiongkok, kelompok musik dari negara lainnya.

         Sementara Indonesia menyajikan berbagai kesenian seperti Tari Piring asal Sumatra Barat, Sajojo asal Papua, Topeng, dan lain-lain, yang dipertunjukkan oleh Perhimpunan Rantau Indonesia di UK (PERIUK), atau juga dikenal dengan Diaspora Indonesia di United Kingdom.

         Kuliner Indonesia juga dipromosikan dalam festival seperti Waroeng Windsor yang menyajikan berbagai makanan seperti Sate, Nasi Goreng, Mie Goreng, dan laku keras selama acara berlangsung.

         Harum asap sate yang tercium sangat nikmat di pusat kota York, mampu menarik kehadiran pengunjung untuk membelinya, kata Haikal.

         KBRI London juga membuka stan mempromosikan pariwisata Indonesia, dengan membagikan brosur Wonderful Indonesia, photo booth dengan pakaian daerah Nusantara dan replika Komodo, konsultasi pariwisata, serta pelayanan konsuler baik untuk WNI maupun WNA.

         Selain itu, juga terdapat workshop membatik yang menarik perhatian masyarakat York yang ingin mengetahui lebih jauh proses membatik, dengan dibimbing oleh Haikal Bekti Anggoro, mahasiswa Lancaster University.

         "Senang sekali bisa berbagi tentang membatik. Ternyata sudah banyak yang mengenal batik di UK, baik sebagai hobi maupun sebagai mata pelajaran dan ekskul di sekolah pelajar," ujar Haikal Bekti Anggoro.

         Disamping stall milik KBRI, juga terdapat dua stall Indonesia lainnya yaitu Kebaya Lence dengan berbagai koleksi kebaya yang diperkenalkan R Leny McDonnell serta Pelangi dengan berbagai aksesoris khas Indonesia.

         Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, TM Hamzah Thayeb dalam pembukaannya menyampaikan harapannya acara tersebut dapat mempererat ikatan antaragama dan budaya di Kota York.

         Ketua pelaksana acara, Lucas, pun mengamini apa yang disampaikan oleh Duta Besar TM Hamzah Thayeb.

         Ia menyampaikan pentingnya "Unity in Diversity", yang juga merupakan salah satu tagline Indonesia yang berasal dari Bhinneka Tunggal Ika. ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 28-04-2014 09:31:54

Tidak ada komentar: