Rabu, 11 Maret 2009

HUTAN CIPTAKAN PEKERJAAN

HUTAN CIPTAKAN SEPULUH JUTA LOWONGAN PEKERJAAN

London, 11/3 (ANTARA) - Asisten Dirjen FAO yang menangani Departemen Kehutanan FAO , Jan Heino, mengatakan pengelolaan hutan yang berkelanjutan akan dapat menciptakan jutaan lowongan pekerjaan baru.

Di tengah krisis ekonomi menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan, Organisasi Tenaga Kerja Dunia (ILO) memperkirakan jumlah penganggur di seluruh dunia pada 2009 mencapai 198 juta, sementara 2007 jumlahnya 179 juta orang.

Atase Pertanian KBRI Roma, Erizal Sodikin kepada koresponden Antara, London, Selasa, mengatakan, ILO memperkirakan jumlah ini dapat membengkak menjadi 230 juta.
Dikatakannya pengelolaan hutan berkelanjutan dapat membangun sebuah masa depan yang hijau dan mampu memenuhi perubahan kebutuhan masyarakat.

Hal itu akan menjadi pembahasan utama dalam World Forest Week yang akan dilaksanakan bersamaan dengan FAO's Committee on Forestry (COFO) ke 19 di Roma, Italia dari 16 hingga 20 Maret mendatang.

Menurut Erizal, pengelolaan hutan berkelanjutan akan dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kelestarian lingkungan.

"Hutan dan pepohonan adalah sumber penyimpan karbon yang vital, investasi di kehutanan merupakan kontribusi utama dalam usaha mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan hidup, " katanya.

Menurut Badan Pangan Sedunia FAO peningkatan investasi di sektor kehutanan disamping mampu menciptakan banyak lowongan pekerjaan, juga dapat mereduksi berkurangnya areal hutan sebagaimana banyak dilaporkan terjadi di beberapa negara.

Erizal mengatakan bahwa COFO merupakan sidang yang dilaksanakan FAO setiap dua tahun sekali yang merupakan tempat berkumpulnya semua anggota FAO.

Pertemuan akan membahas dan mendiskusikan berbagai aspek terkait dengan kehutanan.

Menurut rencana pada pertemuan ini Delegasi Indonesia akan mengirimkan Sekjen, dan Dirjen Planologi Kehutanan, Departemen Kehutanan, demikian Erizal Sodikin. (U-ZG)***3****




(T.H-ZG/B/S016/S016) 11-03-2009 06:35:36

Tidak ada komentar: