Kamis, 19 Maret 2009

RADIO KAYU MAGNO

RADIO KAYU MAGNO RAIH PENGHARGAAN MUSEUM DISAIN LONDON

London, 18/3 (ANTARA) - Bersaing dengan produk lainnya dari berbagai negara Magno radio kayu buatan pengrajin di kampung Kandangan, Temangung berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam disain produk.

Radio kayu Magno yang didisain dan diproduksi Singgih Susilo Kartono berhasil meraih penghargaan sangat prestisius Brit Insurance Design of the Year 2009, yang diserahkan dalam acara makan malam yang dipronsori stasiun televisi swasta Channel 4, Selasa malam.

Selain penghragaan untuk disian produk, The Design Museum juga memberikan penghargaan untuk katagori Architecture, Fashion, Furniture, Graphics, Interactive, dan Transport
The Design Museum merupakan museum terkemuka di dunia yang memberikan penghargaan kepada disain kontemporer di berbagai negara dan katagori yang diumumkan Rabu.
Singgih mengatakan di London, Rabu, ia sendiri merasa mendapat suatu kejutan. "Saya tidak mengira apresiasi terhadap Magno Wooden radio ini cukup tinggi," ujarnya seraya mengungkapkan rasa kegembiraannya terhadap produk radio kayu desainnya dengan pendekatan filosofi desain Asia.

Hal ini menurut Singgih sangat sejalan dengan prinsip-prinsip "sustainable design."
Radio kayu yang diberi merek Magno itu, sebelumnya juga diumumkan menjadi pemenang Good Design Award 2008 di Jepang untuk kategori Innovation/Pioneering & Experimental Design.

Magno juga masuk nominasi untuk Grand Awards untuk Desain for Asia Award yang digelar di Hongkong.

Radio kayu buatan Singgih bermerek Magno lebih banyak diekspor ke Jepang, Jerman, dan America Serikat yang mencapai 300-400 unit per tahun.

Penghargaan Brit Insurance Design diumumkan 18 Maret, yang pemenangnya dipilih dalam satu panel terdiri sembialn orang yang menilai disain produk dari berbagai negara.

Selama 12 bulan dewan juri yang terdiri para disainer terkemuka memberikan penghargaan The Brit Insurance Design Awards 2009, di bidang arsitektur dimenangkan oleh New Oslo Opera House.

Semenntara untuk katagori fashion dimenangkan majalah Vogue Italia yang dalam terbitan Juli 2008, majalah Vogue, Italia menulis laporannya mengenai A Black Issue for Fashion.

Majalah Vogue Italia mendedikasikan terbitannya bulan Juli khusus mengenai kisah sukses model yang berkulit warna hitam.

The Design Museum, yang dibentuk 25 tahun lalu memberikan penghargaan untuk katagori funiture diraih disain bangku MYTO, sedangkan katagori disain grapis diraih oleh poster yang mengambarkan Barack Obama Poster.

Sedangkan katagori Transport dimenangkan Colombia's Line-J Medellin Metro Cable.

Pemenang untuk disain produk kontemporer tersebut berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Colombia, USA, Norway dan Italia.

Ketujuh pemenang diundang ke London untuk mendapatkan penghargaan yang sangat prestigious Brit Insurance Design of the Year 2009,dalam acara makan malam.

Dewan juri terdiri atas pakar disain terkemuka diantaranya Alan Yentob, yang merasa sulit menentukan pemenang. Selain Alan dewan juri lainnya disainer senior yang juga kurator arsitektur Paola Antonelli, disainer lingkungan dan pendidik Karen Blincoe, serta arsitek Peter Cook, penulis kritisi fasion Sarah Mower.

Produk pemenang disain dipamerkan di Design Museum, Shad Thames , London hingga 14 Juni mendatang.

Menurut dewan juri konsep dan disain yang dilakukan Singgih S Kartono mengunakan produk lokal dengan pengrajin dari daerah sekitar. Enterprenur asal Indonesian memiliki ide kreatif dibalik idenya membuat radio kayu yang membantu ekonomi daerah dengan mempekerjakan masyarakat di desa Kandangan.

***5***
(U.Zg)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 18-03-2009 10:56:00

Tidak ada komentar: