Selasa, 03 Maret 2009

LUKISAN UTK PBB JENEWA

MENLU SERAHKAN LUKISAN UNTUK KANTOR PBB JENEWA

London, 3/3 (ANTARA) - Menlu Dr. Hassan Wirajuda, di sela-sela kunjungannya ke Jenewa dalam rangka "High Level Segment" Sidang Dewan HAM, Senin (2/3) menyempatkan diri menyerahkan lukisan karya Herry Dim kepada Dirjen "United Nations Office in Geneva" (UNOG), Sergei Ordzhonikidze.

Untuk pertama kalinya, karya seniman Indonesia memperkaya koleksi benda seni dan menghiasi kantor PBB di Jenewa, kata Indah Nuria Safitri, Sekretaris Ketiga PTRI Jenewa kepada koresponden ANTARA London, Selasa.

Penyerahan lukisan "My White Flag in the Blues", merupakan tindak lanjut dari pameran karya Herry Dim, pelukis asal Bandung, yang mengangkat tema "A Child's World of Hope and Peace".

Herry Dim melakukan pameran di tempat yang prestisius di kantor PBB di Jenewa, Salle de pas Perdu, Palais des Nations, November lalu.

Salah satu lukisan Herry Dim yang berjudul "My White Flag in the Blues" dipilih Direktur Budaya, Pierre Le Loarer, untuk dipajang di "United Nations Office in Geneva" (UNOG).

Dalam acara yang berlangsung dalam suasana akrab, Menlu RI menyampaikan penghargaan atas berbagai upaya dan dukungan Kantor PBB di Jenewa, khususnya Dirjen UNOG, dalam memajukan dan mempromosikan seni budaya Indonesia kepada komunitas Internasional di Swiss.

Sementara itu, Ordzhonikidze menyampaikan kekagumannya atas kekayaan budaya Indonesia maupun berbagai inisiatif dan prakarsa aktif Indonesia mempromosikan khazanah budaya yang dinilainya sangat unik dan beragam melalui berbagai kegiatan di pentas gedung PBB.

Dirjen UNOG juga menyampaikan penghargaan atas sumbangan Indonesia yang merupakan komitmen Indonesia yang terus menerus mendukung PBB.

Lukisan yang merefleksikan harapan bagi anak-anak dunia yang lebih baik di masa depan, menggambarkan upaya anak Indonesia dan juga dunia untuk mengejewantahkan arti kata "perdamaian", "hidup", dan "manusia" dalam bentuk pemahaman dan aplikasi nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Lukisan yang menggambarkan wajah polos anak Indonesia bersebelahan dengan bendera putih dengan latar belakang warna biru, seolah menegaskan PBB sebagai organisasi yang memiliki misi utama memperjuangkan kemanusiaan dan perdamaian.

Gaung dan pesan perdamaian kepada dunia ini pula yang menjadi tema utama pameran lukisan maupun pagelaran budaya Teater Tanah Air yang diselenggarakan bulan November tahun lalu di Gedung PBB Jenewa, demikian Indah Nuria Safitri.(U-ZG)***5***
(T.H-ZG/B/C004/C004) 03-03-2009 09:38:34

Tidak ada komentar: