Senin, 09 Maret 2009

MUSISI NORWEGIA

MUSISI NORWEGIA BERKOLABORASI DI JAVA JAZZ FESTIVAL

London, 8/3 (ANTARA) - Musisi asal Norwegia Patrick Shaw Iversen akan mempromosikan Gamelan Shokbrekers kepada publik Norwegia.

Hal itu disampaikan Patrick Shaw dalam pertemuannya dengan Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Oslo Mansyur Pangeran, ujar Fungsi Pensosbud KBRI Oslo Febby Fahrani kepada koresponden Antara London, Sabtu.

Kunjungan musisi kenamaan Norwegia itu adalah dalam rangka penampilannya di Java Jazz Festival, serta keinginan berkolaborasi dengan musisi Indonesia Shokbrekers untuk mengikuti "Sami Easter Festival 2009" di kota Kautokeino Norwegia Utara April mndatang.

Dalam pertemuan dengan Kuasa Uaha ad Interim KBRI Oslo yang didampingi Fungsi Pensosbud, Patrick meyakinkan kolaborasi musisi Norwegia dan musisi Indonesia akan mewarnai Java Jazz Festival di Jakarta, dari 6 hingga 8 Maret.

Patrick Shaw Iversen (Composer, Flutes, Electronics) dan Peter Baden (Electronics, Percussion) dari Norwegia tampil bersama Grup Gamelan Shokbreker Minggu malam.

Dalam Java Jazz 2009 ini, Gamelan Shokbreker menampilkan perpaduan antara musik jazz dan gamelan sunda dilengkapi dengan sound electronic DJ mengiringi vokal Euis Komariah dan Rita Tila.

Kolaborasi Musisi Norwegia dan Gamelan Shokbreker ini terbentuk sejak tahun 1994 saat Patrick Iversen dan Ismet Ruchimat melakukan kerja sama dan tampil dalam Summer Music Festival di F?rde , Norwegia Tengah.

Pada Oslo World Music Festival di Oslo, serta beberapa penampilan lainnya di Summer Music Festival di wilayah Norwegia Selatan (1997) terakhir Oslo World Music Festival di Oslo dua tahun lalu.

Alunan musik jazz dengan warna tradisional gamelan khas Indonesia tentunya memperkaya khazanah serta menumbuhkan ketertarikan pencinta musik jazz Norwegia.

Hal ini akan berdampak pada kekayaan seni musik Indonesia, yang diharapkan berdampak positif bagi peningkatan citra Indonesia di Norwegia.

Gamelan Shokbreker dipimpin musisi Ismet Ruchimat, dengan personil antara lain Atjep Hidayat, Atang Suryaman, Endang Ramdan, Endi Supendi, Rudi Mukhram, Yadi Cahyadi, Asep Yana Karyana, Iman Lukman Hakim, dan Dinda Satya, serta vokalis Euis Komariah dan Rita Tila. ***5****

ZG/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 08-03-2009 21:29:43

Tidak ada komentar: