Sabtu, 01 Agustus 2009

INDONESIA DI GUA AGGTELEK HUNGARIA

PROMOSI INDONESIA DI GUA AGGTELEK HUNGARIA

London, 1/8 (ANTARA) - KBRI Budapest menggelar pameran wisata dan budaya bertajuk "Indonesia Day", dengan menampilan tari serta musik tradisional di gua raksasa Aggtelek Hungaria, belum lama ini.

Gua sepanjang 37 kilometer itu di antaranya lima kilometer menjorok ke wilayah Slovakia.

Pergelaran berkaitan dengan Festival Internasional Gomor Torna itu juga diisi ceramah Dubes RI untuk Hungaria, Mangasi Sihombing.

Sekretaris III, Pensosbud KBRI Budapest, Patricia L.L.L. Silalahi, kepada koresponden Antara London, Sabtu, mengatakan, Festival Internasional Gomor Torna diikuti 40 kelompok seni dan budaya dari Hungaria, Indonesia dan Slovakia, dan berlangsung hingga 2 Agustus.

Dikatakannya, pameran produk Indonesia diadakan di Hotel Cseppko, yang berjarak sekitar 500 meter dari mulut gua Aggtelek. Kegiatan ini digelar KBRI Budapest bersama Indonesian Trade Promotion Center, atas dukungan importir Hungaria.

Produk-produk yang dipamerkan antara lain kerajinan tangan, mebelair, produk makanan olahan, serta sampel tenunan dan brosur produk unggulan lainnya.

Selain pameran produk komoditi juga diadakan pameran foto wisata yang diresmikan Dubes Mangasi Sihombing bersama Salamon Gabor, direktur Aggtelek National Park.

Sekitas 300 undangan termasuk Walikota Rudabanya menyaksikan acara kesenian yang menampilkan tari dan musik dibawakan sanggar KBRI di panggung konser yang tersedia dalam gua.

Sebanyak 15 anggota Sanggar KBRI menampilkan musik dan tari tradisional, seperti Tortor Tandok dari Sumatra Utara, Tari Rantak dari Sumatera Barat, dan Tari Jaipongan Ronggeng Beken dari Jawa Barat.

Sementara musik tradisional Indonesia yang ditampilkan antara lain Degung Sunda dari Jawa Barat, Gamelan Rindik dari Bali, serta Gondang Batak dari Sumatra Utara.
Dalam ceramahnya yang berlangsung secara interaktif Dubes menjelaskan perkembangan hubungan baik Indonesia-Hungaria, termasuk dalam ekonomi perdagangan, politik dan sosial budanya.

Menurut Dubes, terdapat beberapa investasi baru Hungaria di Indonesia, di antaranya di Papua dan Sumatra Selatan.

(U-ZG)***5***
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 02-08-2009 00:16:48

Tidak ada komentar: