Senin, 17 Agustus 2009

TARIAN PAPUA SEMARAKAN HUT RI DI PRAHA

TARIAN PAPUA SEMARAKAN HUT RI DI PRAHA

London, 17/8 (ANTARA) - Tari Yosim Pancar dari Papua dan tari Lenggang Nyai dari Betawi serta aneka makanan tradisional menyemarakan peringatan HUT RI ke-64 dan pesta rakyat yang digelar KBRI Praha, Senin.

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Praha dipimpin Duta Besar Salim Said yang diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dilanjutkan dengan pembacaan Prokolamasi, Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan Doa yang dilakukan masyarakat Indonesia yang tinggal di Praha.

Sekretaris Satu bidang Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud) KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Senin, mengatakan bahwa peringatan HUT RI ke-64 di KBRI Praha tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena seluruh rangkaian acara dilakukan oleh masyarakat Indonesia. .

Dikatakannya usai acara resmi warga Indonesia dan para sahabat Indonesia dari Ceko menikmati hiburan yang dipersembahkan oleh rombongan Seni Universitas Negeri Jakarta yang menampilkan Tari Yosim Pancar dan Lenggang Nyai.

Selain itu rombongan yang akan mewakili Indonesia pada International Folklore Festival 2009 di kota Pisek dan Praha tersebut juga menampilkan lagu-lagu daerah yang dimainkan secara langsung dengan menggunakan berbagai instrumen tradisional.

"Acara semakin semarak dengan diberikannya berbagai hadiah kepada pemenang lomba olah raga seperti bulu tangkis, tennis meja, darting, tarik tambang, bilyar, serta aneka lomba permainan anak," ujarnya.

Masyarakat dan undangan yang hadir makin gembira dengan undian yang menyediakan berbagai hadiah menarik yang disediakan mitra kerja KBRI Praha dari berbagai restoran, hotel, perusahaan, serta tiket pesawat pulang pergi ke Indonesia dari Turkish Airlines yang dimenangkan warga Ceko bernama Marie Gultom Fiser.

Meski peringatan HUT RI tahun ini dilakukan ditengah hari kerja, namun masyarakat Indonesia di Ceko tetap semangat memenuhi halaman Wisma Duta. Terliat pasangan campuran yang hadir membawa anak serta sanak saudara yang ingin mengenal Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Ny. Herawaty Salim Said menyajikan aneka makanan Indonesia seperti Nasi Kapau lengkap dengan lauk pauk seperti Dendeng Batako, Ikan Goreng, Sambel Ijo, juga ada Soto Ambengan serta Rujak Tahu yang diserbu para hadirin yang sudah rindu akan makanan dari tanah air. (U-ZG)***3***

(T.H-ZG/B/B011/B011) 18-08-2009 08:03:29

Tidak ada komentar: