Senin, 24 Agustus 2009

RI-CEKO KERJA SAMA KULON PROGO

RI-CEKO JAJAKI KERJA SAMA PENGEMBANGAN KULON PROGO

London, 23/8 (ANTARA) - Indonesia dan Ceko menjajaki kerja sama pengembangan infrastuktur bandara dan kereta api di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dengan diditandatanganinya kesepakatan hasil Sidang Pertama Komisi Bersama (SKB) Indonesia-Ceko.

Penandatangan SKB itu dilakukan Dirjen Amerika dan Eropa Deplu Retno L.P. Marsudi, dan Asisten Deputi Menteri/Dirjen Urusan Negara-Negara Non Eropa Departemen Perindustrian dan Perdagangan Ceko Vlastimil Lorenz , di Praha, Republik Ceko, pekan silam.

Sekretaris Satu bidang Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud) KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Senin mengatakan dalam SKB RI-Ceko disepakati kedua pemerintah perlu meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi serta promosi investasi dan perdagangan.

Komisi Bersama merupakan mekanisme untuk mempromosikan kerja sama ekonomi bilateral di berbagai bidang.

Terkait hal itu, baik Pemerintah RI maupun Pemerintah Ceko sepakat untuk saling mengundang komunitas bisnis kedua negara hadir pada berbagai pameran dagang yang diselenggarakan baik di Indonesia maupun di Ceko, kata Azis Nurwahyudi.

Aziz menjelaskan pula kedua pemerintah sepakat meningkatkan kerja sama di bidang energi dengan pengembangan pembangkit listrik tenaga air, angin, maupun matahari, dan industri pertanian, pertahanan, peralatan kesehatan, infrastuktur serta perbankan.

Dirjen Amerika dan Eropa Deplu Retno L.P. Marsudi, menekankan perlunya peningkatan hubungan antarwarga atau people-to-people contact melalui kerja sama bidang pendidikan antara lain kontak antarperguruan tinggi dan pemberian kembali beasiswa dari Pemerintah Ceko kepada mahasiswa Indonesia.

Sementara Pemerintah RI terus memberikan beasiswa program Darmasiswa kepada para pelajar Ceko sejak tahun 1995, ujarnya
Di sela-sela SKB, Ketua delegasi RI Retno L.P. Marsudi didampingi Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Salim Said melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Ceko Urusan Politik, Hukum dan Konsuler, Hynek Kmonicek.

Dalam pertemuan itu , dibahas perkembangan hubungan dan kerja sama bilateral antara lain rencana kunjungan Perdana Menteri Ceko ke Indonesia pada semester II tahun 2010 dan naskah persetujuan bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas.

Rangkaian kegiatan SKB RI-Ceko didahului dengan perundingan mengenai Protokol amandemen Persetujuan Peningkatan dan Perlindungan Penanaman Modal (P4M) RI-Ceko tahun 1998 dan pertemuan dengan Czech Invest untuk membicarakan upaya peningkatan investasi Ceko di Indonesia.

Hadir pula dalam acara tersebut Bupati Kulon Progo, H. Toyo Santoso Dipo, untuk menerima hasil studi kelayakan rencana pembangunan infrastruktur bandara dan kereta api di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dari Pemerintah Ceko. ***2***

ZG/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 24-08-2009 07:27:03

Tidak ada komentar: