Jumat, 21 Agustus 2009

KBRI BERLIN BERI PENGHARGAAN WARGA BERPRESTASI

KBRI BERLIN BERI PENGHARGAAN KEPADA WARGA BERPRESTASI

London, 21/8 (ANTARA) - KBRI Berlin memberikan penghargaan kepada warga berprestasi pada rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-64 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Wisma I Indonesia, Berlin.

"Peringatan HUT Kemerdekaan di Berlin bertambah bermakna dengan hadirnya duta bangsa berprestasi," kata Counsellor Sosbud dan PIPP KBRI Berlin, Agus Priono kepada koresponden ANTARA London, Jumat.

Dr. Johny Setiawan, Astronom Indonesia yang bekerja pada Max Planck Institute fur Astronomie Heidelberg, Jerman mencatat prestasi gemilang dengan memimpin astronom menemukan "Extrasolar Planet" yang mendapat pengakuan dari dunia internasional, khususnya Jerman.

Acara juga dihadiri Agus Dermawan dan Eny Budi Sri Haryani dari Ditjen P3K, Departemen Kelautan dan Perikanan yang menerima penghargaan "Blue Star Fish Award 2009" dari Berliner Gesellschaft fur Gro Aquarien (BGG) Jerman.

"Keduanya dinilai berjasa dalam bidang konservasi kawasan laut dan terumbu karang," katanya.

Selain itu juga hadir dua atlet Indonesia Fernando Lumain atlet lari 100 meter dan Serafi Anelies Unani, atlet lari 100 meter yang didampingi pelatih Lourina Henriette Maspaitella dan official dari PASI yang ikut "the 12th IAAF World Championship" yang berlangsung dari 15 hingga 23 Agustus.

Acara juga disemarakkan Shandy Sundoro yang mencatat sukses memenangkan festival "the 8th New Wave International Contest of Young Pop Singers" yang diadakan di Jurmala, Latvia, pada awal Agustus.

Lebih dari 1.000 orang anggota masyarakat Indonesia, friends of Indonesia, pejabat Indonesia yang sedang melakukan dinas ke Berlin dan Staf KBRI Berlin beserta keluarga turut merayakan Hari Kemerdekaan secara antusias dan hidmat.

Rangkaian perayaan HUT ke-64 RI dimulai dengan upacara bendera yang berlangsung secara hidmat, dilanjutkan dengan ramah tamah dan hiburan untuk masyarakat dan diakhiri dengan upacara penurunan bendera.

Kelompok belajar dan bermain Patria Nanda menyanyikan Aubade lagu-lagu kebangsaan telah menggugah semangat patriotisme para peserta upacara.

Dubes RI di Berlin, Eddy Pratomo, dalam sambutannya menyampaikan beberapa kemajuan yang dicapai Indonesia di berbagai bidang serta Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2010 dalam kaitannya dengan Pemulihan Ekonomi Nasional dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dalam rangka hubungan bilateral, Dubes menekankan pentingnya menerjemahkan kedekatan hubungan politik dan sosial budaya dalam kerjasama yang berimplikasi tepat guna bagi pengembangan sektor ekonomi nasional.

"Salah satu wadah penting yang relevan sesuai dengan tema peringatan adalah pengembangan people to people contact antara kedua negara yang bersifat multidimensional," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes mengharapkan masyarakat Indonesia di Jerman untuk ikut berperan dalam membantu pembangunan serta meningkatkan prestasi sesuai dengan lingkungan kerja masing-masing.

"Untuk pelayanan masyarakat Indonesia dan menyosialisasikan kebijakan pemerintah di bidang kekonsuleran, kami memanfaatkan kesempatan membuka warung konsuler yang mendapatkan sambutan positif dari masyarakat yang hadir," katanya.

Acara ramah tamah diisi dengan hiburan untuk masyarakat Indonesia antara lain pertandingan dan permainan rakyat seperti bakiak keluarga, dann sepak bola gembira.

Selain itu, acara juga disemarakkan dengan penampilan Band KBRI Berlin DM Besi, Shandy Sundoro, Band KMKI, Dansa PPI Berlin, serta penampilan artis ibu kota yaitu Lia Emilia dengan lagu andalannya SMS. (U-ZG)***5***
(T.H-ZG/B/E011/E011) 21-08-2009 09:00:52

Tidak ada komentar: