Kamis, 27 Agustus 2009

KESENIAN INDONESIA MERIAHKAN HARI NASIONAL HUNGARIA

KESENIAN INDONESIA MERIAHKAN HARI NASIONAL HUNGARIA

London, 27/8 (ANTARA) - Kesenian Indonesia tampil dalam acara peringatan Hari Nasional Hongaria yang diadakan di Kota Abasar yang terletak sekitar 70 km dari Budapest, ibu kota negara tersebut.

Masyarakat kota Abasar menyambut hangat kehadiran tim kesenian dari sanggar seni KBRI Budapest yang khusus diundang Walikota Abasar, Dr. Lenartne Benei Aniko.

Sekretaris III, Pelaksana Fungsi Pensosbud & Protokol KBRI Budapest Patricia Silalahi kepada koresponden Antara London, Kamis mengatakan Hungaria merayakan hari nasional tidak terkecuali kota Abasar di kaki Gunung Matra yang merupakan gunung tertinggi di Hongaria.

Patricia Silalahi menjelaskan Walikota Dr. Aniko secara khusus mengundang tim kesenian KBRI untuk ikut merayakan HUT-Hongaria sekaligus menjalin hubungan baik dengan Indonesia yang menyuguhkan kesenian yang menarik bagi warga kotanya.

Sebelum pertunjukan Indonesia, Dubes RI untuk Hungaria Mangasi Sihombing dalam sambutannya mengemukakan kesenian akan dapat menjembatani masyarakat dan berbagai bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan bersama.

Dalam perayan besar ini, Dubes Mangasi Sihombing berpartisipasi dalam acara penanaman pohon dipinggir alun-alun kota dan sebagai anggota juri untuk perlombaan masakan tradisional Hongaria, kata Patricia Silalahi .

Sederetan tarian Indonesia dibawakan Sanggar KBRI yang memukau hadirin, di antaranya tarian yang ditampilkan Tari Tortor Siutte Manis dari Sumatera Utara, Tari Rantak dari daerah Sumatera Barat, dan tari Joged dari daerah Bali.

Martozet yang memimpin sanggar KBRI dan penari lainnya mendapat anugerah dari Walikota Abasar berupa sertifikat apresiasi atas pertunjukan yang mereka bawakan.

Perayaan Hari Nasional Hongaria di Kota Abasar dihadiri pejabat kota dan tokoh masyarakat dan serta beberapa tokoh dari pemerintah pusat. ***5***

ZG/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 27-08-2009 07:11:11

Tidak ada komentar: