Sabtu, 01 Agustus 2009

KBRI MADRID GELAR MALAM INDONESIA

KBRI MADRID GELAR MALAM INDONESIA

London, 1/8 (ANTARA) - Pertunjukan gamelan Jawa oleh Grup Gamelan KBRI Madrid dan tarian yang dibawakan Grup Wayang Srikandi, belum lama ini, menarik perhatian sekitar 350 pengunjung "Malam Indonesia" di ruang terbuka alun alun kota Cuenca, sekitar 180 km dari Madrid.

Pergelaran seni dan budaya Indonesia ini dilaksanakan setiap tahun, dan merupakan bagian dari persiapan kota Cuenca sebagai pusat budaya Eropa 2016, ujar Allen Simarmata, koordinator Fungsi Sosbudpen KBRI Madrid kepada koresponden Antara London, Sabtu.

Dikatakannya, pergelaran itu berlangsung nonstop hampir satu setengah jam. Grup gamelan KBRI di antaranya membawakan lagu Gangsaran, Kebogiro, Bendrong, Sluku-sluku Batok, Manyar Sewu, Ayun-ayun, dan Bubaran Udan Mas.

Sementara tari yang ditampilkan adalah Tari Golek Sunda, Tari Cendrawasih, Tari Joget Bumbung dan Tari Panyembrama dari Bali, Tari Bajidor Kajot, dan Tari Payung dari Jawa Barat.

Menurut Allen Simarmata, penonton termasuk Dirjen Kebudayaan Pemko Cuenca dan staff yang memenuhi belahan alun-alun kota Cuenca, dengan penuh perhatian menyaksikan pertunjukan tersebut.

Pada akhir pertunjukan gamelan, penonton diajak naik ke pentas menjajal kebolehan memainkan alat musik tabuh gamelan, dipandu Suyanto, guru gamelan alumnus STSI Yogyakarta, yang juga menjadi lokal staf KBRI Madrid.

Tepuk tangan pengunjung lebih membahana lagi ketika anak anak dan pengunjung dewasa yang dilatih secara instan mampu membawakan lagu gamelan sluku sluku batok dengan irama yang kompak, demikian Allen Simarmata. (U-ZG) ***5***
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 01-08-2009 23:35:37

Tidak ada komentar: