Selasa, 26 Oktober 2010

ANAK-ANAK NORWEGIA

ANAK-ANAK NORWEGIA TERTARIK BELAJAR GAMELAN

London, 26/10 (ANTARA) - Anak-anak Norwegia tampak tertarik belajar gamelan yang menjadi ikon kebudayaan Indonesia dalam Festival Anak-Anak se-Dunia "Barnasverdensdager" yang digelar KBRI Oslo.

"Anak-anak yang didampingi oleh orang tua masing-masing tampak antusias mempelajari alat musik gamelan dalam festival itu," ujar Sektretaris III Pensosbud KBRI Oslo, Febby Fahrani, kepada ANTARA London, Selasa.

Di bawah asuhan Lars Johansen, pencinta gamelan asal Norwegia yang juga pengajar Sekolah Tinggi Musik Oslo, dan Sunu Condro dari KBRI Oslo, anak-anak belajar memainkan lagu "Lancaran Eling-Eling" dalam skala slendro.

"Tidak jarang ditemui anak-anak tersebut ikut belajar gamelan dua sampai tiga kali untuk mempelajari berbagai alat musik dalam esemble gamelan," ujarnya.

Festival itu diadakan Lembaga Seni Budaya Norwegia "Rikskonsertene" dan Sekolah Budaya "Kulturskolen" untuk pertama kalinya untuk menghibur kota dengan populasi penduduk hanya 16.386 jiwa itu.

Tercatat sebanyak 1.000 pengunjung yang kebanyakan anak-anak dan remaja beserta orang tuanya menikmati sajian budaya dan mengikuti kegiatan pengenalan budaya.

Budaya yang diperkenalkan antara lain film dan tarian Bollywood dari India, tari Flamenco dari Spanyol, dan musik Andes dari Peru dan Argentina.

Para pengunjung juga disuguhi dengan penampilan seni dari pelajar sekolah di kota itu selama festival yang dibuka oleh Wali Kota, Johan Alnes.

Kehadiran Indonesia dalam program Barnasverdendager di Norwegia itu memberikan manfaat berarti bagi upaya meningkatkan pemahaman masyarakat Norwegia, khususnya di kelompok usia 3-13 tahun, akan keragaman seni budaya Indonesia.

Barnasverdendager merupakan program khusus bagi anak-anak untuk mengenai keragaman seni budaya mancanegara yang sejak 11 tahun silam diselenggarakan oleh Rikskonsertene di Oslo bersamaan dengan penyelenggaraan Oslo World Music Festival, ajang pertunjukan musik bergengsi tahunan di ibukota Norwegia.

KBRI Oslo juga akan berpartisipasi dalam program Barnasverdendager untuk Oslo World Music Festival 2010 pada tanggal 6-7 November mendatang.(ZG)
(T.H-ZG/B/E011/E011) 26-10-2010 11:36:18

Tidak ada komentar: