Sabtu, 16 Oktober 2010

PERWAKILAN RI DI ATHENA

KEPALA BKN TINJAU PERWAKILAN RI DI ATHENA

London, 16/10 (ANTARA) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, Dr Edy Topo Ashari mengatakan sistem kepegawaian di Yunani menjadi sesuatu yang menarik bagi Kementerian Luar Negeri RI.

Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Athena, Jani Sasanti dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA di London, Sabtu menjelaskan Kepala BKN mengungkapkan hal itu pada pertemuan dengan para diplomat di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Athena, Yunani.

Menurut Edy kunjungan ke Athena juga dijadikan sebagai contoh untuk kunjungan ke Perwakilan RI kecil yang efisien, efektif dan akuntabel dengan jumlah pegawai yang terbatas, namun dapat melakukan kegiatan yang maksimal.

Topik lain yang disampaikan yaitu Reformasi Kepegawaian yang dilaksanakan BKN RI dalam kerangka sistem kepegawaian seperti pemberlakuan Nomor Induk Pegawai (NIP) untuk PNS secara nasional dan jumlah ideal PNS di Indonesia dibanding dengan di Yunani dan negara lain.

Dalam kunjungan kerja yang bertujuan untuk melakukan uji petik dan sinkronisasi kenaikan gelar diplomatik dan PGPNS serta pembinaan pegawai di KBRI Athena itu Edy Topo Ashari didampingi Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Luar Negeri RI, Drs. Priyo Iswanto.

Pada acara tatap muka dan diskusi di Aula KBRI Athena, Edy Topo menjelaskan secara umum mengenai sistem pembinaan kepegawaian, rencana strategis kepegawaian dan mengenai Peraturan Pemerintah mengenai disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala BKN RI berpesan agar para diplomat dan pegawai di KBRI Athena dapat mengubah mindset menjadi "untuk melayani" dan mempermudah yang merupakan salah satu esensi dari reformasi birokrasi selain efisiensi.

Terlebih ditunjang dengan tekat dan kiat KBRI yang selalu mengadakan kegiatan promosi ekonomi, investasi, sosial, budaya dan wisata setiap bulannya sebagai tekat dari Dubes RI Yunani, ujarnya.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi menyampaikan penghargaan kepada Kepala BKN RI dan Kepala Biro Kepegawaian Kemlu yang secara langsung melihat kondisi kepegawaian dan melakukan pembinaan terhadap pegawai di KBRI.

Dubes berharap kehadiran Kepala BKN RI dapat memberikan pencerahan mengenai sistem kepegawaian terkini serta kejelasan atas masalah kepegawaian secara umum di Kedutaan.

Sementera itu, Tim Kementerian Luar Negeri yang diwakili oleh Kepala Biro Kepegawaian Kemlu, Priyo Iswono, menyampaikan mengenai jabatan fungsional diplomat dan sasaran kerja individu yang merupakan jabaran tugas diplomat.

Selain itu juga disampaikan mengenai sistem kenaikan gelar diplomatik dan PGPNS untuk diplomat, keterlibatan aktif pasangan diplomat dalam menunjang kinerja serta jenjang kepegawaian untuk petugas komunikasi dan bendaharawan di Kedutaan.

Dalam kesempatan itu dia juga mengemukakan mengenai seleksi calon pegawai di Kemlu yang tengah berlangsung dan mendapat sertifikasi ISO 9001 sehingga quality assurance sangat terjaga.

Kepala Biro Kepegawaian menyampaikan tentang Peraturan Pemerintah No. 53/2010 mengenai Disiplin PNS dan Peraturan Pemerintah No. 54/2010 mengenai Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Acara tatap muka yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini ditutup dengan santap malam bersama seluruh pegawai Kedutaan Besar Republik Indonesia di Athena, Yunani yang disiapkan Ibu-ibu DWP KBRI Athena.

***3***
(ZG)


(T.H-ZG/C/A033/A033) 16-10-2010 22:44:48

Tidak ada komentar: