Kamis, 21 Oktober 2010

INDONESIA DAY di Munchen

PERWAKILAN RI DI JERMAN GELAR INDONESIA DAY

London, 21/10 (ANTARA) - Momentum kebangkitan ekonomi, kestabilan politik di tanah air, membaiknya ekonomi Jerman, serta semakin berkembangnya hubungan RI-Jerman, dimanfaatkan Perwakilan RI di Jerman, KBRI Berlin, KJRI Frankfurt, dan KJRI Hamburg untuk menggelar Indonesian Day yang akan diadakan pada 5 Nopember di kota Munchen, Jerman.

Agenda utamanya adalah pertemuan bisnis yang terdiri dari seminar, one-on-one meeting dan display products pada pagi sampai sore hari, sedang pada malamnya diselenggarakan pementasan budaya nusantara, ujar Counsellor Pensosbud - KBRI Berlin, Agus Priono, dalam keterangannya kepada Antara London, Kamis.


Menurut rencana, Wakil Menteri Pertanian, Dr. Bayu Krisnamurti, akan membuka acara sekaligus menyampaikan keynote address dalam temu bisnis tersebut.
Sepuluh propinsi yaitu Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Kalbar, Kaltim, dan Papua akan membeberkan potensi ekonomi masing-masing propinsinya di hadapan para pengusaha Jerman.


Deputi Kepala BKPM, Dharmawan Djayusman dan pejabat Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI diharapkan akan hadir dan memberikan presentasi dalam Indonesian Day.


Menurut Agus Priono, dipilihnya Munchen sebagai tempat penyelenggaraan Indonesian Day antara lain didasarkan pada pertimbangan bahwa ibu kota negara bagian paling selatan di Jerman tersebut mempunyai potensi ekonomi yang sangat baik.


Selain merupakan jantung perekonomian di Jerman Selatan dengan tingkat kehidupan perekonomian paling makmur, Munchen juga mempunyai angka pengangguran yang paling rendah di Jerman yaitu hanya 5.6 persen. Begitu pula, beberapa perusahaan besar seperti Siemens AG, BMW, MAN AG, Linde dan Allianz juga bermarkas di kota tersebut.


Dubes RI untuk Republik Federal Jerman, Eddy Pratomo, mengharapkan agar penyelenggaraan kegiatan di kota dan negara bagian yang paling maju secara ekonomi di Jerman tersebut nantinya akan dapat memberikan sumbangan yang signifikan bagi peningkatan nilai perdagangan dan investasi RI-Jerman.


Dikatakannya, kegiatan yang melibatkan partisipasi beberapa daerah dan diselenggarakan secara terpadu oleh ketiga Perwakilan RI di Jerman merupakan yang pertama kali dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini dan direncanakan akan merupakan agenda tahunan dengan tempat penyelenggaraan secara bergantian di kota-kota potensial lainnya di Jerman.

(ZG)

(T.H-ZG/B/M012/M012) 21-10-2010 19:33:15

Tidak ada komentar: