Sabtu, 09 Oktober 2010

EMIR AJMAN TERTARIK PRODUK INDONESIA

EMIR AJMAN NORTHERN EMIRATES TERTARIK PRODUK INDONESIA

London, 8/10 (ANTARA) - Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi sangat tertarik pada berbagai produk Indonesia di Ajman dan bahkan menaruh perhatian pada produk pertambangan seperti minyak bumi dan gas, emas, alumanium, batubara, biji besi, tembaga, dan timah,

Hal itu terlihat saat Emir Ajman (Northern Emirates) Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi menerima Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran, bertempat di Kantor Dewan Amiri/Kepresidenan, ujar Sekretaris Pertama PF Pensosbud KJRI Dubai, Yana Rudiyana, dalam keterangan persnya yang diterima Antara London, Jumat.


Kunjungan Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran, tersebut merupakan Kunjungan Kehormatan kepada Emir Ajman, salah satu dari lima wilayah Keemiran yang dirangkap Konjen RI Dubai di bagian utara PEA.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Shaikh Dr. Majid Bin Saeed Al Nuaimi, Ketua Dewan Amiri Kantor Emir Ajman dan Shaikh Rashid Al Nuaimi, Direktur Dewan Amiri Kantor Emir Ajman serta pejabat tinggi, sementara Konjen RI tanpa didampingi Pejabat dari KJRI.


Konjen Mansyur Pangeran dalam pertemuan tersebut menyampaikan salam hangat Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Luar Negeri Dr. R.M. Marty Natalegawa kepada Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi, sekaligus memperkenalkan diri sehubungan dengan penugasan sebagai Konjen RI di untuk Dubai dan Northern Emirates termasuk Ajman.

Emir Ajman Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi menyambut baik kedatangan Konjen RI yang baru dan mengharapkan agar dapat melaksanakan tugas barunya dengan baik.


Pada kesempatan itu, kedua pihak membahas pentingnya peningkatan kerjasama bilateral antara Keemiran Ajman dan Indonesia khususnya di sektor ekonomi, perdagangan investasi dan budaya.


Kepada Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi, Konjen Mansyur Pangeran menyatakan, peluang peningkatan kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua pihak terbuka lebar, seperti sejumlah barang-barang produksi Indonesia sudah banyak beredar di Ajman dan masih dapat ditingkatkan jumlahnya.


Di sektor tenaga kerja, Indonesia dapat mengirimkan tenaga kerja perawat dan pekerja kapal. Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi sangat antusias mendengarkan penjelasan Konjen mengenai produk-produk unggulan Indonesia, antara lain di bidang pertambangan seperti minyak bumi dan gas, emas, alumunium, batubara, biji besi, tembaga, dan timah.

Sementara di sektor kelautan Indonesia antara lain menghasilkan ikan tuna, udang dan produk pertanian seperti karet, kayu, kelapa sawit, rotan, cocoa, teh, kopi, rempah-rampah, dan buah-buahan segar.


Berbagai produk komoditi lainnya juga menjadi perhatian seperti tekstil, garmen, serta produk hasil olahan meliputi produk bahan makanan, alat-alat kecantikan, kertas, furniture, ban, alas kaki, dan lainnya.

Selain itu, battery mobil, barang listrik, elektronik, sampai dengan produksi kendaraan Kijang Innova yang sudah beredar di Ajman dan seluruh PEA.

Mansyur Pangeran juga menjelaskan potensi lain yang dimiliki Indonesia seperti geothermal salah satu terbesar di dunia yang belum seluruhnya dieksplor dan potensi pariwisata yang cukup menjanjikan untuk berinvestasi.


Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi akan memberikan bantuannya kepada konjen RI yang baru dalam upaya memperlancar tugasnya sebagai Konjen RI, khususnya dalam upaya meningkatkan hubungan ekonomi, perdagangan, investasi, dan budaya kedua Negara.


Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi yang pernah beberapa kali mengunjungi negara-negara Asia menyatakan berkeinginan suatu saat mengunjungi Indonesia. ***2***
(ZG)


(T.H-ZG/B/M012/M012) 08-10-2010 17:49:13

Tidak ada komentar: