Rabu, 04 Mei 2011

DELEGASI DPR

ANGGOTA PARLEMEN INGGRIS SAMBUT KUNJUNGAN DELEGASI DPR

London, 4/5 (ANTARA) - Anggota Parlemen Inggris yang diwakili Chairman of British-Indonesian All Party Group, Khalid Mahmood, menyambut baik kunjungan delegasi Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI di Westminster, London.

"British-Indonesian All Party Group merupakan kelompok di Parlemen Inggris yang anggotanya berasal dari berbagai partai bertujuan mempromosikan minat dan pengertian tentang Indonesia di antara anggota Parlemen Inggris," ujar Sekretaris Tiga KBRI London Novan Ivanhoe Saleh kepada koresponden ANTARA London, Rabu.

Kunjungan delegasi BURT DPR RI yang dipimpin dr Indrawati Sukadis, Wakil Ketua BURT DPR RI.

Indrawati mengatakan kunjungannya memiliki arti penting guna mempererat jaringan antara anggota Parlemen Indonesia dan anggota Parlemen Inggris.

Ia berharap, pertemuan itu dapat meningkatkan kontak hubungan antaranggota parlemen kedua negara, selain meningkatkan kerja sama parliament-to-parliament antara anggota parlemen Indonesia dan parlemen Inggris.

Menurut dia, kunjungan kerja BURT ke Parlemen Inggris dilandasi atas pertimbangan bahwa Parlemen Inggris memiliki kemapanan dalam membangun sistem dan mekanisme pelaksanaan tugas dan fungsi parlemen, baik dalam penetapan undang-undang, perumusan anggaran maupun pengawasan pelaksanaan kebijakan eksekutif.

Dari diskusi dan "sharing of best practices" dengan anggota Parlemen Inggris yang dilaksanakan pada hari pertama, anggota BURT DPR RI mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai sistem yang diterapkan di Parlemen Inggris yang mampu memberikan dukungan keahlian kepada anggota parlemen.

Selain keberhasilan dalam mengelola kehumasan parlemen serta sistem pengelolaan pertanggungjawaban anggaran parlemen yang transparan dan akuntabel yang sejalan dengan upaya DPR RI untuk meningkatkan kinerja dari anggota DPR RI.

Dari berbagai pembahasan dengan anggota parlemen Inggris dipahami bahwa sistem dan mekanisme yang telah dijalankan di DPR RI sudah mengarah (on the right track) pada negara-negara demokrasi yang mapan seperti Inggris.

Dari diskusi tersebut juga diperoleh berbagai masukan bermanfaat bagi upaya memperbaiki dan meningkatkan kinerja DPR RI baik yang telah dijalankan selama ini maupun ke depan.

Kunjungan delegasi BURT DPR RI juga disambut baik oleh anggota parlemen Inggris dengan kesediaan Ketua APPGI, Khalid Mahmood MP dan anggotanya, John Speller MP. Keduanya dari Partai Buruh Inggris untuk menerima delegasi.

APPGI adalah kelompok di parlemen Inggris di mana anggotanya berasal dari berbagai partai yang bertujuan untuk mempromosikan minat dan pengertian tentang Indonesia di antara anggota Parlemen Inggris.

Delegasi BURT DPR RI, dijadwalkan bertemu dengan Greg Knight MP, Chairman of Procedure Committee dan beberapa anggota House of Lords.

Kegiatan hari pertama delegasi BURT DPR RI di London ditutup dengan acara ramah tamah dengan Dubes Yuri Thamrin, kalangan masyarakat, pelajar dan media Indonesia yang berada di Inggris bertempat di KBRI London, Selasa (3/5) malam.

Dalam acara tersebut, dr Indrawati Sukadis menyampaikan hasil-hasil pertemuan delegasi BURT dengan anggota Parlemen Inggris juga menyosialisasikan program kerja BURT yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Selain itu, menggali masukan dan tanggapan dari masyarakat Indonesia yang hadir pada pertemuan tersebut. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan diskusi dan tanya jawab antara para undangan dengan delegasi BURT DPR RI.

Anggota DPR RI yang mengadakan kunjungan kerja ke Inggris dipimpin Dr (Med.) Indrawati Sukadir terdiri atas Michael Wattimena, Ir Bambang Sutrisno, Dra HJ Hernani Hurustiati, Mangara Siahaan, Dr Surya Chandra MPH, Ir Abdul Hakim MM, Rahman Amin, Primus Yustisio, M Syaifullah Tamliha, Muhammad Toha, Agus Sulistyono, Djamal Aziz.

Mereka juga disertai Kepala Sekretariat, Dra Rini Koentarti MSi, Ariesy Mauleny SSi, ME dan staf ahli Boy Ervandi SE MAkt. ***6***
(H-ZG/B/A041)
(T.H-ZG/B/A041/A041) 04-05-2011 10:19:02

Tidak ada komentar: