Jumat, 13 Mei 2011

INDONESIA SOCIETY

TIM SENI INDONESIA SOCIETY JUARAI FESTIVAL INGGRIS

London, 14/5 (ANTARA) - Mahasiswa Indonesia di Newcastle tergabung dalam Indonesian Society (Indosoc) menjadi juara dengan mengalahkan society dari negara lain dalam acara festival 'Come Dine with Me' yang diadakan Union Society, Newcastle University, di Kota Newcastle, Inggris.

Ketua PPIUK 2010-2011, Tara Hardika, kepada koresponden Antara London, Sabtu mengatakan dengan mengusung tema "Indonesia, Ultimate Diversity", tim kesenian IndoSoc didukung Pensosbud KBRI London menyajikan tari-tarian, musik, makanan khas Indonesia kepada pengunjung.

Pada kegiatan yang dimulai pukul enam sore itu, mahasiswa Indonesia membuka acara dengan Tari Belibis dari Bali yang menceritakan mengenai sekelompok burung belibis, dibawakan Putri, Cecilia, dan Lavena.

Pertunjukan seni ini dilanjutkan dengan Tari Saman dari Aceh, kolaborasi musik angklung, dan ditutup dengan Tari Ngibing dari Betawi.

Tari Saman yang dibawakan sekelompok penari berkostum menyala merah kuning berhasil mengundang applaus dari pengunjung yang terpana dan kagum dengan gerakan ritmis Tari Saman.
Sementara, tim angklung IndoSoc, pimpinan Yandri Krisanto, menyihir pengunjung dengan suara unik angklung yang membawakan beberapa lagu daerah serta lagu 'Imagine' dari John Lennon.

Bahkan sebagian besar pengunjung tak kuasa menyembunyikan ketertarikannya dengan alat musik dari Jawa Barat tersebut.

Terbukti saat Yandri memberi kesempatan untuk mencoba memainkan alat musik angklung, mereka dengan antusias menyambut ajakan dengan berebutan maju ke panggung.

Selain pertunjukan hiburan, games, dan aneka doorprize, sepanjang acara pengunjung dimanjakan dengan aneka makanan khas Indonesia sajian ibu-ibu di Newcastle seperti risoles, siomay, nasi kuning, rendang, ayam bumbu bali, telor dadar, bacem, dan emping melinjo.

Presiden IndoSoc, Putri Sari Suci mengatakan tiket yang disediakan panitia telah habis terjual sebelum acara dimulai. Putri mengungkapkan perasaan bangganya karena ikut berpartisipasi dalam mempromosikan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Sementara itu, Ketua PPI Newcastle, Grari Garisetya mengatakan keberhasilan acara ini tidak lepas dari kerjasama dan bantuan banyak pihak, salah satunya masyarakat Indonesia yang ada di kota Newcastle.

Grari mengharapkan agar para mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPI Newcastle dan PPI UK terus bersemangat mempromosikan citra positif Indonesia dalam kegiatan sejenis.

Harapan yang sama disampaikan Kabid Seni, Budaya, dan Olahraga PPI Newcastle Diah Lenggogeni, yang menginginkan ajang budaya seperti ini selain digunakan mempromosikan budaya bangsa juga sarana perekat silaturahmi antar warga Indonesia di luar negeri.
Di akhir acara, juri dari Union Society, Newcastle University mengumumkan IndoSoc sebagai juara Come Dine with Me dengan mengalahkan society dari negara lain.

(ZG/B/b003/B003).


(T.H-ZG/B/B003/B003) 14-05-2011 04:37:44

Tidak ada komentar: