Jumat, 13 Mei 2011

PELAJAR MAROKO

PELAJAR MAROKO GELAR SEMINAR PERAN GURU

London, 8/5 (ANTARA) - Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko bekerja sama dengan KBRI Rabat mengelar seminar bertemakan "Peran Guru Dalam Membangun Tunas Bangsa" di Maroko.

Seminar yang digelar dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional 2011 itu, menampilkan pembicara Khoirur Rijal MA, dosen STAIN Lampung, dan Fakhrurrozi Muhammad Yunus MA, dosen IAIN Ar Ranieri Aceh.

Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Rabat, Rahmat Azhari dalam keterangan yang diterima Antara London, Minggu menyebutkan bahwa kedua pembicara juga terdaftar sebagai mahasiswa program doktoral di Universitas Moulay Ismail Meknes.

Seminar dengan moderator Hanif Fatkhurrahman, mahasiswa S1 di Univ Ibnu Tofail Kenitra-Maroko, mengundang antusias peserta yang terdiri dari staf KBRI Rabat, masyarakat Indonesia dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Maroko.

Ketua Panitia Seminar, Burhan Ali dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, Hardiknas sebagai momentum untuk mengingatkan betapa pentingnya pendidikan demi masa depan yang lebih cerah.

Tingkat kemajuan suatu bangsa dan negara bisa diukur melalui tingkat kesadaran pendidikan negara bersangkutan, ujarnya.

Sesuai dengan tema yang diusung pemerintah pada Hardiknas tahun ini yaitu "Pendidikan Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa: Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti", ia mengajak civitas akademika untuk menyikapi ilmu pengetahuan sebagai perangkat ke arah yang positif, bukan untuk memunculkan prilaku destruktif, anarkis dan radikalis seperti terjadi belakangan ini.

Pembicara pertama banyak menyinggung tentang kedudukan dan peran guru sebagai pendidik dan pembimbing baik dalam instansi pendidikan yang bersifat formal maupun peran mereka dalam masyarakat sehari-hari.

Sedangkan pembicara kedua lebih banyak menitikberatkan presentasinya terhadap status seorang guru sebagai profesi dan panggilan jiwa.

Seminar ini mendapat sambutan baik dengan antusiasme para peserta saat sesi tanya jawab, dan juga para pembicara yang hadir dapat menyampaikan materinya dengan bahasa yang lugas dan mudah difahami oleh seluruh peserta.(ZG)
(T.H-ZG/B/P004/P004) 08-05-2011 05:55:51

Tidak ada komentar: