Selasa, 21 Juni 2011

HATTA AJAK PENGUSAHA RUSIA

HATTA AJAK PENGUSAHA RUSIA BERINVESTASI DI INDONESIA

London, 17/6 (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengajak pengusaha Rusia untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Hal itu terungkap pada pertemuan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa dengan para pengusaha Rusia di KBRI Moskow, kata Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Moskow Lailal K. Yuniarti kepada ANTARA London, Jumat.

Pertemuan dihadiri oleh 34 orang pengusaha Rusia dari berbagai bidang usaha, termasuk Direktur Eksekutif Russia-Indonesia Business Council dan perwakilan KADIN Rusia.

Dalam pertemuan itu, pengusaha Rusia menyatakan ketertarikannya untuk melakukan bisnis dengan pengusaha Indonesia. Bahkan beberapa di antaranya sudah membuka kantor cabang di Indonesia dalam upaya meningkatkan hubungan dagang dan investasinya di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Menko Hatta Rajasa menyampaikan beberapa hal mengenai perkembangan hubungan dan kerja sama ekonomi bilateral RI-Rusia, kondisi ekonomi Indonesia yang menunjukkan pertumbuhan serta iklim investasi yang kondusif saat ini.

Menurut Menko, potensi perdagangan Indonesia dan Rusia sangat besar karena bersifat saling melengkapi, bukan saling bersaing. Pada tahun 2010 total nilai perdagangan kedua negara mengalami peningkatan signifikan hingga mencapai angka 1,7 milyar dollar AS.

Namun demikian hubungan investasi kedua negara, masih perlu ditingkatkan. Pada kesempatan itu, Menko Hatta Rajasa menyampaikan "Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia".

Dalam master plan tersebut terdapat tiga strategi yaitu pengembangan potensi melalui enam koridor dengan mendorong investasi baik lokal maupun asing, penyelesaian masalah peraturan nasional dan insfrastruktur utama nasional serta strategi ketiga dengan pengembangan centre of excellence di setiap koridor ekonomi.

Strategi ketiga ini dilakukan dengan upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan Iptek.

Hatta mengundang seluruh pengusaha Rusia yang hadir untuk memanfaatkan kesempatan untuk lebih banyak berinvestasi di Indonesia.

Potensi investasi Indonesia yang bisa dimanfaatkan pengusaha Rusia, antara lain pertambangan minyak, nikel, tembaga, biji besi, timah, emas dan energi listrik.

Menanggapi keluhan pengusaha Rusia yang memiliki investasi perminyakan di Indonesia terkait sertifikasi dan standarisasi, Menko berjanji akan segera menyelesaikan permasalahan dengan pihak-pihak terkait di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Dubes RI Moskow, Hamid Awaludin, mengajak para pengusaha Rusia untuk lebih agresif menggarap pasar Indonesia.

"Saat ini beberapa dari pengusaha Rusia bahkan sudah membuka kantor perwakilannya di Indonesia," ujarnya.

Menurut Kepala Divisi Ekonomi KBRI Moskow, Suprianda Ruru, pertemuan bisnis dengan pengusaha Rusia ini dilaksanakan dalam rangkaian kunjungan Menko Hatta Rajasa ke Rusia untuk menghadiri the XVth St. Petersburg International Economic Forum di St. Petersburg, selama tiga hari dari 16-18 Juni. ***5***
(ZG/
(T.H-ZG/B/A027/A027) 17-06-2011 03:01:49

Tidak ada komentar: