Jumat, 24 Juni 2011

HYDE PARK LONDON

MUSISI INDONESIA TAMPIL DI HYDE PARK LONDON

London, 25/6 (ANTARA) - Kelompok musik asal Indonesia, Gugun Blues Shelter, menjadi satu-satunya grup band di Asia yang akan tampil di Hyde Park London, pada Minggu (26/6) siang.

"Perasaan kita main di Hardrock Calling Fest di Hyde Park sangat senang karena ini festival tahunan yang sudah menjadi salah satu barometer festival di Eropa," ujar Aditya Wibowo yang biasa disapa Bowie kepada koresponden Antara London, Sabtu.

Gugun Blues Shelter (GBS) beranggotakan Mohammad Gunawan (Gugun) pada vokal dan gitar, John Armstrong (Jono) pada bas, dan drummer Aditya Wibowo (Bowie).

Hyde Park London merupakan salah satu lokasi konser bergengsi yang menjadi ajang berbagai musikus legendaris.

Kali ini Gugun, Bowie dan Jono berbagi panggung dengan The Killers, Rod Stewart, Stevie Nicks di panggung utama konser Hard Rock Calling yang digelar selama tiga hari dari 24 sampai 26 Juni 2011.

Bowie mengakui penampilan mereka di Hyde Park membawa nama Indonesia, apalagi Jono nanti akan mengenakan busana ala Bung Karno.

GBS yang melalui online voting, akhirnya memenangkan Hardrock Battle of The Bands dan mengantar mereka menjadi band pembuka Bon Jovi di London. Mereka akhirnya tampil pada acara penutup konser yang berlangsung selama tiga hari tampil di panggung utama bersama Rod Steward.

Menurut Bowie, band yang main di festival itu sudah masuk kategori band yang sukses secara global dan memiliki lebih dari tiga album.

GBS baru saja meluncurkan album barunya berbahasa Indonesia "Satu Untuk Berbagi", yang lebih lebih manis, lebih ceria, dan lebih berbau Indonesia dibandingkan dengan tiga album GBS sebelumnya.

Bowie mengakui bahwa trio personel blues ini sangat terkesan dengan pelayanan yang mereka terima terutama di bagian VIP area. "Belum pernah kami menemukan servis VIP yang seperti ini," ujar Bowie yang diakuinya benar-benar memuaskan.

"Mulai dari tinggal di Hotel Intercontinental London, yang tidak jauh dari Hyde Park sampai pada makanan, minuman, spa, 'massage'. 'Its all free'," ujar Bowie.


Sebuah prestise
Perihal tidak jadinya mereka manggung di hari yang sama dengan Bon Jovi, Bowie mengakui bahwa mereka tidak mempermasalahkan karena toh mereka tetap main di panggung utama dan bahkan mereka ditaruh di penutupan festival.

Menurut Bowie ditaruh di hari terakhir di festival merupakan sebuah prestise bagi band yang main di sebuah festival dunia karena hari terakhir adalah perayaan penutupan dari sebuah festival.

Diakuinya persiapan khusus yang dilakukan GBS tidak ada yang spesial, hanya saja saat ini mereka sedang memikirkan apa yang akan dikatakan nanti pada saat on stage, karena 97 persen dari penonton warga Eropa dan Amerika.

Mengenai dukungan dari musisi lain di Tanah Air, Bowie mengatakan bahwa musisi Indonesia sangat mendukung penuh dan bahkan memberikan semangat.

Sementara itu, Jono mengakui bangga bisa tampil di Hyde Park. "Kalau saya tidak bergabung bersama Gugun dan Bowie belum tentu saya bisa tampil di panggung Hyde Park," ujar pria Inggris beristrikan wanita Aceh itu.

Festival Hard Rock Calling di Hyde Park London yang juga merupakan puncak perayaan ulang tahun ke 40 Hard Rock Cafe serta klimaks dari Hard Rock Global 40 Days That Rock Celebration itu digelar selama tiga hari dengan harga tiket seharga 60 poundsterling untuk sekali pertunjukan.

Hard Rock Calling penampilan lebih dari satu lusin band ternama dunia per harinya pada dua panggung, Main Stage dan Second Stage.

Band dan musisi yang tampil pada hari Jumat (24/6) antara lain adalah The Killers, Kaiser Chiefs, dan James, Michael Kiwanuka dan Wolf Gang.

Sementara Sabtu (25/6) di pangung utama yang tadinya GBS akan manggung bersama Bon Jovi, tampil Ray Davies, Black Cards, Lissie dan Vintage Trouble.

Sedangkan Minggu (26/6) sebagai puncak acara tampil Rod Steward, Stevie Nicks, Adam Ant, Rummer dan Gugun Blues Shelter, satu satunya band dari Asia tampil di Main Stage.

Sementara kelompok musik lainnya Lighthouse Family, Mike and the Mechanics, dan Barenaked Ladies akan meramaikan Second Stage di hari yang sama.

Para finalis Hard Rock Cafe yang tersebar di seluruh dunia termasuk tiga finalis lain yang dikalahkan Gugun Blues Shelter, Rosco Bandana dari Biloxi, Amerika Serikat, Stefany June dari Cologne, Jerman, dan IAMWE dari Phoenix, Amerika Serikat tampil di Second Stage.

Band dan musisi yang pernah bermain di festival musik ini mencakup Aerosmith, Eric Clapton, Neil Young, Paul McCartney, Stevie Wonder, The Who, Pearl Jam, Peter Gabriel, Bruce Springsteen, dan The Police.

Gugun Blues Shelter pernah tampil dalam festival musik Colne Blues Festival dan Belfast Big River Jazz & Blues Festival 2008 dalam UK Tour-nya bulan Agustus dan Januari 2009 tampil dalam Skegness Blues Festival.

Trio blues ini mengusung jiwa musik rock, funk, dan soul yang diolah menjadi musik khas grup ini yang telah merilis album terakhirnya Gugun Blues Shelter yang banyak dipengaruhi musisi dunia, terutama Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughn, Bette Davies, serta Led Zeppelin. ***6***
(H-ZG/B/A041)

(T.H-ZG/B/A041/A041) 25-06-2011 06:19:25

Tidak ada komentar: