Kamis, 02 Juni 2011

KAB BANJAR

KABUPATEN BANJAR TAMPILKAN KESENIAN DI "TONG TONG FAIR"

Denhaag, 31/5 (ANTARA) - Kabupaten Banjar yang diwakili Sangar Kesultanan Banjar menampilkan misi kesenian di "Tong Tong Fair" yang diadakan di Melievel, Denhaag, mulai 25 Mei hingga 5 Juni 2011.

Dalam penampilannya di Bibit Theater, Tim Kesenian Kabupaten Banjar itu menampilkan musik Panting yang berhasil memukau penonton Pasar Malam Tong Tong Fair yang diadakan untuk ke 53 kalinya .

Noripansyah yang bertindak sebagai manajer rombongan kesenian dari Sultan Banjar itu kepada koresponden ANTARA London, Senin, mengatakan bahwa ia merasa puas dengan penampilan Tim Kesenian Banjar yang utuk pertama kalinya tampil di luar negeri.
Penampilan kesenian dari Sangar Kesultanan Banjar di bawah pimpinan Sultan Banjar sekaligus Bupati Banjar yaitu Raja Chairul Saleh dan Ratu Raudatuljanah itu sepenuhnya didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

"Kami senang bisa tampil berpartisipasi dalam mengikuti misi kebudayaan Indonesia di luar negeri," ujar lulusan Mastrict University yang bangga bisa membawa rekan rekannya mangung di Tong Tong Fair.

Dikatakannya, Sangar Kesultanan Banjar yang sering tampil dalam berbagai acara-acara di daerah dalam acara Tong Tong Fair juga menampilkan Titik Laran, Japin Rantauan, Semangat Ratu Zaleha dan Maranting Intan dan tarian Radap Rahayu.

Tarian yang menggambarkan bidadari yang datang untuk menyelamatkan kekalahan perang dari prajurit Kerajaan Banjar yang akhirnya tarian ini digunakan dalam upacara menyambut tamu kehormatan diiringin dengan musik khas Banjar dengan mengunakan alat musik panting, biola, gendang, babun dan tamborin serta sernai dan tarian Radap Rahayu.

Tarian para putri kraton dibawakan penari Lina Verbriani, Nela Lestari, Rika Ayu, Tri Purwosih dan Tiara Istiana dengan musik Lupia Andriani, Zulfi Hendra, Hendra Cipta dan Abdulrahman serta Supandri dengan gerakan yang dinamis yang berhasil memukau penonton.

Selain menampilkan kesenian, Kabupaten Banjar yang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan Indonesia dengan Ibu Kota Martapura itu juga dikenal sebagai Kota Intan juga ikut dalam pameran dan memperkenalkan berbagai jenis batu permata yang juga banyak diminati pengunjung Tong tong Fair. ***6***


(T.H-ZG/B/F002/F002) 31-05-2011 08:38:59

Tidak ada komentar: