Selasa, 21 Juni 2011

TIM MERAH PUTIH

UMUM-TIM MERAH PUTIH TUNAGRAHITA TIBA DI ATHENA

London, 21/6 (ANTARA) - Tim merah Putih yang terdiri atas 66 atlet tunagrahita dan pelatih serta ofisial pimpinan Iskandar Zulkarnain menginjakkan kaki di Bandara Eleftherios Venizelos Athena, Senin, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 12 jam.

Kedatangan rombongan yang akan membela nama bangsa pada event olahraga dunia tunagrahita, Special Olympics World Summer Games 2011, Athens, disambut Dubes RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi beserta ibu Anita Rusdi dan jajaran diplomat dari KBRI Athena.

Sekretaris Pertama KBRI Athena, Jani Sasanti kepada ANTARA London, Selasa, mengatakan, event olahraga diikuti sekitar 7500 atlet dari 187 negara berlangsung 26 Juni hingga 3 Juli diawali event lain seperti Global Youth Summit, Family Forum dan Festival Special Olympiade.

Seperti yang dialami kontingen lainnya, setelah melalui imigrasi, tim Indonesia kemudian dibawa pihak komite pusat ke pusat penampungan delegasi sekitar dua kilometer dari bandara.

Dua Delegation Assistance Liaison (DAL) untuk tim Indonesia yang terdiri atas satu mahasiswi Indonesia yang bersekolah di Athena, Grace Rawung dan sukarelawan setempat, Dimitris Konstandakelis, mengurus keperluan tim tersebut.

Program yang direncanakan komite setempat untuk delegasi atlet dari tiap Negara sebelum pertandingan adalah menempatkan mereka di berbagai kota dan pulau di seluruh Yunani dalam program tuan rumah agar para atlit dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat setempat sehingga dapat mempelajari adat dan kebiasaan masyarakat Yunani.

Rim Indonesia akan ditempatkan di daerah Marathonas, sekitar 40 menit perjalanan darata dari Athena yang merupakan kota bersejarah tempat terjadinya Perang Marathon dan asal muasal dari lari maraton.
Sebelum mencapai kota Marathonas, tim Indonesia dibelokkan menuju Wisma Duta untuk dijamu makan siang oleh Dubes Ahmad Rusdi. Di hadapan para atlet, pendamping, pegawai KBRI Athena dan masyarakat yang hadir dalam pertemuan, mantan Kepala rumah Tangga Istana ini menyampaikan ucapan selamat datang kepada para atlet.

Dubes merasa bahagia dapat bertemu secara langsung dengan para atlet yang akan berlaga di tujuh cabang olah raga andalan yaitu Atletik, Tenis Meja, Bulutangkis, Sepak Bola, Bola Basket, Bola Bocce dan Renang.

Ia berpesan agar para atlet dapat bertanding secara bersungguh-sungguh untuk membela nama harum Negara dan supaya bendera Merah Putih dapat berkibar tidak hanya di KBRI Athena dan Wisma Duta tapi juga ketika tim Indonesia menjadi juara di berbagai cabang yang diikuti.

Dubes menghimbau para atlet untuk menjaga kesehatan mengingat cuaca di Athena yang dapat mencapai 35 derajat di waktu siang hari dan juga menghimbau masyarakat Indonesia yang tinggal di Athena untuk dapat menonton dan mendukung para atlet.

Ketua Delegasi Indonesia atas nama rombongan mengucapkan terima kasih atas sambutan Dubes dan jajaran Kedutaan terhadap delegasi.

Rombongan bertanding untuk mencapai target 15 medali emas berkekuatan 46 atlet dari 20 provinsi di Indonesia yaitu Riau, Bangka Belitung, Sumut, Sumbar, Sumsel, Jabar, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jatim, Kaltim, Kalteng , Kalsel, Gorontalo, Sulsel, Sulteng, Maluku, NTB, dan NTT.

Rencananya tim Indonesia berada di daerah pantai Marathonas selama lima hari sebelum kemudian pindah ke penginapan atlet di beberapa tempat di Athena.

Tim merah putih yang terdiri atas 46 atlet dari usia 13 tahun sampai 30 tahun, akan berlaga sejak 26 Juni sampai 3 Juli di tiga kompleks stadion olahraga yaitu Peace and Friendship Stadium, Helleniko Olympic Stadium dan OAKA Stadium. Ketiga stadium tersebut merupakan tempat penyelenggaraan Oimpiade 2004.

***6***
(ZG)

(T.H-ZG/B/A008/A008) 21-06-2011 08:13:59

Tidak ada komentar: