Sabtu, 04 Juni 2011

MAKANA DAN BALAWAN

KOLABORASI MAKANA DAN BALAWAN PUKAU PENGUNJUNG

Denhaag, 2/6 (ANTARA) - Kolaborasi dua seniman dunia gitaris Balawan dari Bali dan gitaris Makana dari Hawai yang tampil di Theater Bintang berhasil memukau pengunjung Tong Tong Fair, yang tengah berlangsung di Malieveld, Denhaag.

Tong Tong Festival 2011 berhasil menyatukan dua seniman dunia yang berbeda untuk pertama kalinya bertemu dengan membawa masing masing karakter musik yang mereka miliki.

"Saya senang bisa tampil bersama Balawan," ujar seniman Makana yang berasal dari Hawai kepada koresponden Antara usai tampil bersama Balawan, Kamis.

Hal yang sama juga disampaikan seniman Indonesia Balawan yang memuji penampilan Makana yang tampil dengan busana jas warna putih yang dipadukan dengan pantalon putih serta dilengkapi dengan kalung warna putih.

"Asyik asyik saja bisa main sama Makana yang ternyata kami bisa nyambung dan saling mengisi," ujar Balawan yang meskipun baru pertama kali bertemu dengan Makana .

Diakuinya sesama pemusik mereka sama sama memiliki insting yang sangat kuat untuk bisa saling mengisi.

Makana yang tahun lalu dianugerahi musisi Tong Tong Festival merupakan salah satu gitaris kontemporer yang paling terkenal di Hawaii .

Makana yang merayakan ulang tahunnya yang ke 31 memuji kualitas dan keragaman kinerja dan kehangatan publik. Tapi apa yang menarik baginya, orang Bali adalah bagian dari tahun program.

Makana mengatakan dia pernah ke Bali dan terpesona dengan keindahan musik gamelan. Dia menulis sebuah lagu tentang kunjungannya ke Bali. Yang membawa Tong Tong Festival.

Balawan yang tampil untuk ketiga kalinya di Tong Tong Fair sebelumnya pada tahun 2007 dan 2008 menampilkan ansambel Bali dengan gitaris Balawan dengan batuan Ethnic Fusion menjadi bagian dari proyek alur music dunia dari Indonesia.

Selain itu istri Balawan, I Gusti Ayu Kamaratih pun ikut tampil dengan melantumkan lagu keroncong Bengawan Solo yang dibawakannya dengan penuh penghayatan.

Balawan gitaris yang dikenal dan sukses di banyak pertunjukkan itu rekaman video di YouTube paling popular tampilan di Teater Bintang, yang dikunjungi lebih dari 35.000 itu yang ingin mengetahui ia memainkan dua gitar secara bersamaan .

Karakteristik baik musik Makana maupun Balawan memiliki karakter mereka masing masing yang dasar tradisi dari musik asli. Balawan memadukan musik tradisional gamelan Bali dengan moderen jazz, yang menghasilkan musik jazz.
Balawan dengan gitaris virtuoso berleher ganda, yang dia dimainkan dengan cara yang tidak biasa itu dengan menekan senar.

Sementara Makana musik adalah yang terbaik digambarkan sebagai campuran eklektik kunci gitar slack-Hawaii dan musik dunia.

Gitaris yang mewariskan budaya Hawaii dipengaruhi dari tradisi musik lainnya, seperti rock, bossa nova, latin, bluegrass dan musik rakyat. ***6*** (ZG)

(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 02-06-2011 22:56:36

Tidak ada komentar: