Kamis, 22 Desember 2016

CEKO

WNI DI CEKO RAYAKAN NATAL DAN GALUNGAN
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 20/12 (Antara) - Sekitar 200 warga Indonesia memenuhi aula KBRI Praha untuk merayakan Natal dan Galungan bersama yang diawali dengan misa bagi umat Kristiani dilanjutkan dengan acara hiburan menampilkan aneka seni budaya.
         Acara bertajuk "Indonesian Day: Bell of Peace and Compassion" itu, melibatkan berbagai unsur seperti Keluarga Besar KBRI Praha,   Eks Mahasiswa Ikatan Dinas (MAHID), Persatuan Pelajar Indonesia, Komunitas Bali dan Diaspora Indonesia di Ceko.
         Pertunjukan seni budaya tersebut berupa penampilan Arumba KBRI Praha, Tari Janger diiringi dengan penyematan biji beras sebagai bentuk Salam Kebhinekaan dari Bali, peragaan busana daerah, pembacaan puisi kasih sayang, demikian Pensoabud KBRI Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Selasa.
         Acara perayaan keagamaan itu juga dimeriahkan pertunjukan Wayang Kontemporer, tari Kecak diiringi penampilan Sinterklas dan tari Poco-Poco. Kemeriahan pertunjukan seni budaya diakhiri dengan nonton bersama pertandingan final memperebutkan Piala AFF 2016 antara Indonesia melawan Thailand.
         Dubes RI Praha, Dr. Aulia Aman Rachman mengatakan kegiatan seperti ini dilaksanakan pada momen yang sangat tepat di mana Indonesia saat ini sedang menghadapi cobaan atas persatuan bangsa. Bagi Indonesia, keberagaman merupakan sebuah keniscayaan dan akar pembangunan karakter bangsa (nation-building).
         Dubes Aulia juga mengimbau kepada seluruh komponen bangsa untuk kembali memaknai arti Pancasila dan kebhinekaan Indonesia yang telah terpatri sejak masa perjuangan memperebutkan kemerdekaan RI.
         Salah seorang tokoh masyarakat Bali, Dr. Ni Ketut Pande Dewi Jayanti, menggagas acara menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kebersamaan dan kekompakan rakyat Indonesia di antara perbedaan budaya, kepercayaan bahkan pandangan politik.
         Pada pertunjukan seni budaya, ditonjolkan Tari Kecak yang memunculkan tokoh Sinterklas, menekankan kolaborasi harmonis tanpa menghilangkan unsur-unsur aslinya.
         Seorang ahli Indonesia kewarganegaraan Ceko, Prof. Zorica Dubovska, yang berusia 90 tahun dan pada tahun 2008 memperoleh penghargaan Bintang Jasa Pratama dari Pemerintah Indonesia, mengungkapkan kekagumannya kepada bangsa Indonesia yang bangga atas keberagamannya.
         Sementara itu, salah satu warga Kristiani di Ceko, Imelda Dharmawan, menyambut baik penyelenggaraan perayaan bersama yang diawali dengan misa. Menurutnya, kegiatan tersebut memberikan kedamaian hati dan meneguhkan iman serta harapan bahwa perbaikan dan perubahan dapat dilakukan bersama komponen masyarakat.
         Acara perayaan Natal dan Galungan bersama ini merupakan kegiatan yang ke-empat kalinya dilaksanakan di Praha. Perayaan Natal dan Galungan bersama juga dilaksanakan pada tahun 2013. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 20-12-2016 05:17:44
end

Tidak ada komentar: