Kamis, 22 Desember 2016

PARIS


MASYARAKAT KRISTIANI INDONESIA DI PARIS RAYAKAN NATAL
     Zeynita Gibbons

    London, 12/12 (Antara) - KBRI Paris bersama masyarakat Kristiani Indonesia di Paris dan sekitarnya mengadakan perayaan Natal dengan mengangkat tema "Kelahiran Almasih Sumber Perwartaan Sukacita dan Kebenaran" di Wisma Duta Besar RI, Paris, akhir pekan lalu.
          Perayaan Natal dihadiri sekitar 300 undangan, terdiri atas para pejabat KBRI Paris/KWRI UNESCO, warga Indonesia di Paris dan sekitarnya, serta Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Prancis, demikian keterangan Minister Counsellor KBRI Paris, Henry R W Kaitjily kepada Antara London, Senin.
          Malam perayaan Natal didahului dengan penyelenggaraan Ibadah Natal dihadiri umat Kristiani yang menampilkan beberapa persembahan lagu-lagu dan puisi Natal oleh anak-anak sekolah minggu, dan  Persekutuan Warga Kristen Oikumene Indonesia (Perwakoi) Paris, PPI Prancis serta, serta pembagian kado Natal untuk anak-anak oleh Papa Nöel (Sinterklas).
          Selain acara hiburan, perayaan Natal juga diisi dengan penyalaan lilin Natal bersama; masing-masing oleh Dubes RI Paris/Watapri UNESCO Hotmangaradja Pandjaitan, Ketua Panitia Natal, Ketua Diaspora Prancis, Ketua Perhimpunan Masyarakat Muslim Indonesia di Paris (PERMIIP).
          Perayaan Natal dibuka dengan pembacaan sambutan Natal PGI dan KWI tahun 2016 oleh Ketua Panitia Natal dan diikuti dengan sambutan Dubes Hotmangaradja Pandjaitan yang menyampaikan antara lain dengan pelaksanaan Natal 2016 ini kiranya masyarakat Indonesia di Prancis dapat menjaga toleransi dan kerukunan beragama serta menghormati perbedaan yang ada diantara masyarakat dan tetap menjaga semangat persatuan diantara warga Indonesia.
         Natal tahun 2016 diharapkan dapat menjadi momentum untuk introspeksi dan evaluasi bagi masyarakat Indonesia di Paris baik sebagai organisasi dan individu untuk memasuki tahun 2017 dengan semangat baru.
         Perayaan Natal 2016 juga menarik perhatian masyarakat Indonesia yang menggunakan ajang ini sebagai kesempatan untuk silahturahmi satu sama lain dan keluarga sebelum memasuki libur panjang di Prancis.   
    Sukacita Natal menjadi momentum untuk saling memaafkan dan menjaga kerukunan serta menghormati keberagaman yang ada diantara masyarakat Indonesia di Prancis.(ZG)***4****

(T.H-ZG/B/H. Sitanggang/H. Sitanggang) 12-12-2016 08:39:2

Tidak ada komentar: