Jumat, 30 Desember 2016

SPANYOL


Promosi produk dan budaya Indonesia di Madrid
Rabu, 28 Desember 2016 05:36 WIB - 2.654 Views
Pewarta: Zeynita Gibbons


London (ANTARA News) - Kedutaan Besar Indonesia di Madrid bersama 60 negara perwakilan diplomatik, lembaga kebudayaan asing di Madrid dan media massa setempat berpartisipasi pada promosi La Navide a Feria Internacional de las Culturas berupa pameran promosi produk-produk ekonomi dan budaya serta penampilan kesenian tari Indonesia.

Pada kegiatan ini, Kedutaan Besar Indonesia di Madrid melibatkan peran serta masyarakat dispora mengisi gerai Indonesia menjual produk kerajinan dan penampilan kebudayaan Indonesia dalam upaya promosi budaya dan ekonomi Indonesia, demikian keterangan Kedutaan Besar Indonesia di Madrid yang diterima ANTARA, Rabu,

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Spanyol, Yuli Widarso, memandang peran serta Kedutaan Besar Indonesia dan masyarakat pada Feria ini kesempatan mempromosikan produk ekonomi dan budaya Indonesia kepada masyarakat Spanyol.

Indonesia memperkenalkan antara lain batik, pakaian tradisional, kerajinan tangan, patung seni dan suvenir corak budaya Indonesia serta penampilan kesenian berupa tari Rampak Gendang, tari Enggang, tari Saman dari pelajar Indonesia dan kelompok gamelan Internasional dan Indonesia.

Pameran dibuka Walikota Madrid, Manuela Carmena, yang dalam sambutan menyampaikan ucapan penghargaan dan terima kasih atas partisipasi dan animo dari perwakilan asing di Madrid mensukseskan acara internasional, dan diharapkan akan menguatkan hubungan people-to-people antara Spanyol dengan negara-negara sahabat.

Dikatakan dia, tradisi Natal dilaksanakan semua budaya dan memiliki arti solidaritas serta empati bagi sebagai manusia untuk berkomitmen terhadap nilai-nilai kemanusiaan, persatuan, kemajuan, berjuang bagi kesetaraan dalam kehidupan masyarakat.

Feria diselenggarakan pemerintah Kota Madrid untuk kedua kalinya diikuti 75 negara dan lembaga internasional di Spanyol bertema menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2017, diperkirakan dihadiri ratusan ribu masyarakat setempat dan juga turis yang datang ke Madrid.

Feria internasional memiliki keanekaragaman kegiatan yang berjumlah 250 program seni budaya meliputi pameran, kesenian dan tarian tradisional dari seluruh dunia, lokakarya, cerita dongeng, film, buku, makanan, musik dan atraksi menarik lainnya.

Feria berlangsung selama sembilan hari menampilkan 75 stand dengan tradisi Natal dan Tahun Baru dari berbagai negara seperti Jepang, Rusia, Georgia, Colombia, Meksiko, Ekuador, Argentina, India, serta negara-negara Amerika Latin dan Afrikalainnya. Diharapkan juga peserta akan belajar bagaimana untuk merayakan dan menghias Natal dari bagian komunitas dunia lainnya

Selain itu, Indonesia juga memanfaatkan kegiatan memperluas jaringan dengan kalangan friends of Indonesia yang ada di Spanyol untuk mengajak masyarakat setempat melakukan kunjungan ke Indonesia.

Melalui partisipasi kegiatan feria, diharapkan akan mengharumkan nama Indonesia di Spanyol dan dapat membantu meningkatkan keingintahuan masyarakat Spanyol atas keragaman potensi ekonomi, budaya dan pariwisata Indonesia diharapkan akan dapat peningkatan wisatawan Spanyol ke Indonesia.
Editor: Ade Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Tidak ada komentar: