Minggu, 25 Mei 2008

DENNY K DAPAT WHTLEY AWARD DARI PUTRI ANNE

DENNY KURNIAWAN TERIMA PENGHARGAAN WHTLEY AWARD DARI PUTRI ANNE


London, 24/5 (ANTARA) - Warga Negara Indonesia Denny Kurniawan (28) dari Komunitas Konservasi Borneo memperoleh penghargaan berupa "Whitley Award" dari The Whitley Fund for Nature (WFN), yang diserahkan Putri Anne dari Kerajaan Inggris dan sekaligus memperoleh hadiah sebesar 30.000 Pounsterling sumbangan dari musisi Sting dan istrinya Trudue Styler.


Counselor Information and Socio-Cultural Affairs KBRI London, Herry Sudradjat kepada ANTARA London, Sabtu menyebutkan penghargaan "Whitley Award" diterima Denny Kurniawan dalam satu upacara di London, Rabu lalu.

Denny Kurniawan merupakan salah satu dari 11 finalis yang menerima penghargaan tertinggi yang diselenggarakan di Royal Geographical Society, London bertepatan dengan peringatan ulangtahun ke 15 lembaga sosial tersebut.


Menurut keterangan pers dari WFN, penghargaan yang diberikan kepada Denny Kurniawan karena usahanya dalam membangun jaringan antara Taman Nasional yang baru tempat perlindungan orang hutan dan komunitas masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu Putri Anne telah menyerahkan hadiah senilai 350.000 Pounsterling (700,000 dolar AS) yang merupakan hadiah terbesar dalam sejarah yayasan sosial tersebut kepada seluruh pemenang pada tahun 2008.


Dewan juri menetapkan dua pemenang utama berupa The Whitley Gold Award kepada Rodrigo Hucke-Gaete dari Chili dan Cağsatu Şekercioğlu dari Turki, masing masing menerima hadiah sebesar 60.000 Poundsterling (120.000 dolar AS)

Penghargaan Whitley Award juga diberikan kepada pemenang lainnya yang datang dari Banglades, Brazil, Chile, Cina, Guatemala, Haiti, India, Peru dan Turki.


Denny Kurniawan dinilai aktif dalam penyelamatan orang hutan di wilayah Kantingan, Borneo dan membangun Taman Nasional Sebangau di tahun 2004 dalam memberikan perlindungan terhadap populasi orang utan yang terbesar di dunia.


Selain itu ia juga menjembatani antara dua kepentingan dalam upaya mengatasi konflik diantara penduduk yang menyebabkan kerugian yang cukup besar di kalangan masyarakat setempat yang sulit diatasi.


Denny Kurniawan yang melakukan pelatihan dan edukasi bekerja sama dengan Yayasan Cakrawala Indonesia, dalam upaya menjembatani antara menejer Taman nasional dengan masyarakat setempat di sekitar kawasan.


Selain itu Denny juga memberikan penjelasan mengenai pencegahan kebakaran hutan serta hak-hak tanah dan tanggungjawab-tanggungjawab masyarakat setempat dan memfasilitasi berbagai kepentingan antara pengusaha dalam pemeliharaan dan pembangunan ekonomi dengan cara cara yang berkelanjutan.


Edward Whitley, yang mempelopori pemberian penghargaan Whitley Awards adalah untuk mencari dukungan dari para pemimpin-pemimpin dunia untuk membantu dan membina para penyelamat linkungan didukung oleh individu yang sangat konsen dengan penyelematan lingkungan termasuk WWF-UK.***1***(U-ZG)(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 24-05-2008 23:34:13

Tidak ada komentar: