Sabtu, 10 Mei 2008

WAKIL PM POLANDIA:

D0070508004153 07-MAY-08 JAS JKT

WAKIL PM POLANDIA: EXPO INDONESIA DI WARSAWA SANGAT TEPAT


Warsawa, Polandia, 7/5 (ANTARA) - Wakil Perdana Menteri Polandia Waldemar Pawlak menyampaikan penghargaan dengan dipilihnya Warsawa sebagai tempat penyelenggaraan Expo Indonesia yang pertama kalinya di Eropa yang dinilainya sangatlah tepat.


Penilaian itu disampaikan Waldemar Pawlak pada acara pembukaan Expo Indonesia di Warsawa, Polandia, Rabu, ditandai dengan pengguntingan pita disaksikan Kepala BKPM Muhammad Lutfi yang mewakili Presiden RI serta Dubes RI untuk Polandia Hazaiirn Pohan.


Lebih lanjut Waldemar Pawlak, mengatakan sangat penting bagi Indonesia memandang Polandia sebagai regional dari sebelas Negara Eropa Tengah lainnya, karena Polandia merupakan negara yang cukup luas dengan penduduknya yang berjumlah sebanyak 160 juta.


Dikatakannya gabungan Negara Eropa Tengah sama besarnya bila dibandingkan dengan Negara Rusia. Untuk itu, katanya, sangat tepat dipilihnya Polandia sebagai tempat penyelenggaraan pameran dagang, investasi dan pariwisata tersebut.


Pada kesempatan itu Waldemar Pawlak juga menjelaskan mengenai sumber daya alam yang dimiliki oleh Polandia seperti batubara yang dalam era globalisasi sangat tepat untuk melanjutkan dan mengefisienkan kerjasama antar negara dunia.


Untuk itu diharapkannya kerjasama yang telah terjalin selama ini tidak saja di bidang ekonomi dan perdagangan tetapi juga kebudayaan dan diharapkannya dengan diselenggarakannya Expo Indonesia ini akan terjalin kerjasama yang lebih erat lagi diantara kedua negara.

Expo Indonesia yang perupakan pameran dagang, investasi dan pariwisata Indonesia di wilayah Eropa Tengah dan Timur untuk pertama kalinya merupakan kerjasama sembilan duta besar RI diprakarsai oleh Dubes RI di Polandia Hazairin Pohan.


Sebelumnya Kepala BKPM Muhammd Lutfi yang mewakili Presiden saat membuka Expo Indonesia itu mengajak pengusaha Polandia untuk menjalin kerjasama dengan rekanan dari Indonesia dan diharapkan para pengusaha dari Polandia juga bisa berkunjung ke Indonesia dan melihat peluang yang ada.


Muhammad Lutfi juga mengharapkan penyelenggaraan pameran dagang dan investasi ini tidak hanya sekali saja, tetapi juga diikuti dengan pameran lainnya, baik yang diadakan di Warsawa atau di Indonesia.


Sementara itu Dutabesar RI di Polandia Hazaiirn Pohan meyebutkan bahwa pameran yang diadakan digedung Expo Center 21 Warsawa itu diikuti 100 perusahaan dari Indonesia dengan 20 biro perjalanan berlangsung hingga 10 Mei, antara lain diisi dengan seminar dan bisnis meeting antara pengusaha Indonesia dan Polandia.


Expo Indonesia yang dipersiapkan sejak setahun lalu bertemakan "Brindging the Distance" itu, juga dimeriahkan dengan penampilan kesenian Indonesia serta acara Gala Dinner di Hotel Hilton. (T.H-ZG/B/A026/B/A026) 07-05-2008 21:39:12


Tidak ada komentar: