Sabtu, 10 Mei 2008

DIRUT ITPC NILAI EXPO INDONESIA

D0080508004467 08-MAY-08 JAS JKT

DIRUT ITPC NILAI EXPO INDONESIA PUNYA NILAI PLUS


Warsawa, 8/5 (ANTARA) - Direktur Pusat Promosi dan Perdagangan ITPC Budapes Muchlis Sjahminan menilai penyelenggaraan Expo Indonesia yang tengah berlangsung di Gedung Expo Center 21 memiliki nilai plus karena sangat berbeda dengan pameran yang pernah digelar di luar negeri sebelumnya.


"Konsep penyelenggaraan Indonesian Expo ini justru datang dari luar," ujar Muchlis Sjahminan kepada koresponden LKBN Antara London, usai penyelenggaraan seminar Business Opportunities in Indonesia and Presentation on the prospect of Indonesian Funiture yang menampilkan Ketua Kepala Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) Bachrul Chairi.

Menurut Muchlis Sjahminan, penyelenggaraan Indonesia Expo sangat luar biasa dengan melibatkan sembilan perwakilan yang ada di wilayah Eropa Timur dan Tengah yang melakukan pameran dagang dan investasi serta promosi pariwisata secara bersama sama.


Diakunya selama ini konsep penyelenggaran promosi berasal dari dalam negeri, sementara kali ini justru datang dari luar.dan bahkan seluruh Perwakilan melakukan promosi secara lebih aktif di masing masing Negara.


"Bila penyelenggaraan berhasil, konsep ini nantinya akan dapat dijadikan sebagai pola dari penyelenggaraan promosi dagang dan investasi di masa datang," ujarnya menambahkan bahwa sebelumnya diadakan diskusi dan setiap masalah dicermati secara bersama sama.


Dikatakannya konsep integrasi antara sembilan perwakilan Indonesia juga dibahas mulai dari kepala perwakilan sampai kepada departemen terkait yang berada di Jakarta. "Kebersamaan antar sembilan perwakilan ini diharapkan akan dikembangkan di wilayah Eropa lainnya di masa datang," katanya.


Muchlis Sjahminan mengakui penyelenggaraan pameran dagang dan investasi serta promosi pariwisata kali ini memang belum sempurna, namun paling tidak masih ada ruang untuk memperbaiki.


Konsep promosi secara integrasi ini merupakan yang pertama mulai dari promosi hingga penyelenggaraan yang dilakukan bersama sama perwakilan yang diharapkan akan mendapatkan hasil yang lebih baik bahkan memiliki nilai plus.


Lebih lanjut Muchlis Sjahminan mengatakan bahwa meskipun ia bukan dari Departemen Luar negeri namun konsep promosi terintegrasi ini mendapatkan apresiasi yang sangat besar. Expo Indonesia memiliki nilai ITPC Plus dengan terlibatnya Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) .


Apalagi pada acara malam Gala Dinner yang dihadiri sekitar seribu undangan, sangat luar biasa, mungkin dalam sisi perdagangan belum terlalu berhasil, namun secara promosi investasi dan budaya hasil yang dicapai sangat mengundang decak kagum.


Opini masyarakat kota Warsawa, khususnya Polandia terliat lebih baik, ujar Muchlis Sjahminan yang merasa beruntung sebagai Kepala ITPC telah berhasil dalam melakukan promosi khususnya di Eropa Timur dan Tengah, apalagi pasar Eropa Barat sudah terlalu jenuh dan tradisional.


Terlihat perbedaan yang sangat menyolok perkembangan yang terjadi di wilayah Eropa Timur dan Tengah dan untuk itu Indonesia harus meraih peluang yang ada dengan diselenggarakannya Expo Indonesia, demikian Direktur Pusat Promosi dan Perdagangan ITPC Budapes Muchlis Sjahminan. (U-ZG) (T.H-ZG/B/S006/C/S006) 08-05-2008 22:33:27

Tidak ada komentar: