Sabtu, 10 Mei 2008

PAMERAN ULOS ESZTERGOM, HUNGARIA

D0090508004668 09-MAY-08 SBH JKT

PAMERAN ULOS PESONA WARGA KOTA ESZTERGOM, HUNGARIA


London, 9/5 (ANTARA) - Kain tradisional dari Sumatera Utara yang dikenal dengan nama Ulos mempesona sekitar 300 warga Esztergom, dengan digelarnya pameran Ulos yang menandai promosi Visit Indonesia Years (VIY) 2008 yang digelar di Katedral Katolik Esztergom yang pernah berperan sebagai pusat gereja Katolik Hungaria.

Pameran Ulos yang diadakan di kota turis Esztergom itu berlangsung selama tiga minggu diresmikan Dubes RI untuk Hungaria, Kroasia, Bosnia Herzegovina dan Makedonia, Mangasi Sihombing, demikian Sekretaris I, Sosbudpar KBRI Budapest Arena Sri Victoria kepada ANTARA London, Selasa.


Pada acara pembukaan pameran Ulos yang digelar di bangunan gereja yang megah juga ditampilkan kesenian Indonesia berupa tari tarian Indonesia yang dibawakan oleh wanita-wanita Hungaria.


Penampilan para penari itu memberikan kesan yang mendalam bagi warga kota Esztergom, kota bersejarah Hongaria dimana lebih 100 tahun lalu Raja Hongaria pertama, St. Istvan I dianugrahi mahkota yang dikirim Sri Paus di Roma.

Dubes Mangasi Sihombing dalam sambutannya menekankan pentingnya saling pengenalan dan pemahaman budaya dalam meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama antara kedua negara dan bangsa.


Para pastor dan tokoh masyarakat Esztergom menyatakan kekagumannya melihat wanita-wanita Hungaria yang membawakan tari Indonesia dengan suara musik yang masih asing bagi mereka dan juga disajikannya kue-kue khas Indonesia.


Dalam sambutannya Pastor Mihels Antal yang memimpin Kathedral menyatakan penghargaan kepada KBRI Budapest dengan digelarnya pertunjukan budaya Indonesia ke kota Esztergom yang berada di pinggir Sungai Duna yang berbatasan dengan Slovakia.


Arena Sri Victoria menyebutkan bahwa digelarnya pameran Ulos serta kesenian Indonesia tidak lepas dari bantuan pastor Remi Eli warga negara Indonesia asal Maluku Tenggara yang bekerja sebagai tenaga rohaniawan di lingkungan Kathedral.


Duta Besar RI Mangasi Sihombing dalam kesempatan itu menyerahkan hadiah Ulos kepada Wakil Walikota Esztergom Eck Alajos, yang mendukung acara promosi Visit Indonesia 2008 di kota tersebut. ***2***U-ZG)(T.H-ZG/B/E007/E007) 09-05-2008 19:41:21


Tidak ada komentar: