Senin, 05 Mei 2008

KOTA KEMBAR BOGOR DAN GODOLLO

D0050508000275 05-MAY-08 KSR JKT

DITANDATANGANI KERJA SAMA KOTA KEMBAR BOGOR DAN GODOLLO


London, 5/5 (ANTARA) - Naskah kerja sama Kota Kembar (Letter of Intention-,Sister City Cooperation) antara Kota Bogor di Jawa Barat dan Kota Godollo di Hungaria, Sabtu ditandatangan di Istana Erszebet (Elizabeth) Godollo, sekitar 30 km Timur Budapest , Hungaria.


Penandatangan naskah kerja sama kota kembar itu dilakukan Walikota Godollo, Dr. Gyorgy Gemesyi dan Kepala Dinas Informasi, Pariwisata dan Kebudayaan Pemda Bogor mewakili Walikota Bogor Yamin Saleh, disaksikan Duta Besar RI untuk Hungaria, Kroasia, Bosnia Herzegovina dan Makedonia, Mangasi Sihombing, demikian Sekretaris Kedua Bidang Politik KBRI Budapest, Fajar Nuradi kepada ANTARA,London, Minggu.


Dubes Sihombing dalam sambutannya menyampaikan keyakinannya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat Bogor dengan Godollo akan dapat memberikan sumbangan nyata dalam mendukung upaya pemerintah pusat kedua negara untuk memajukan kerja sama bilateral .


Selain itu akan meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan Hungaria yang telah terjalin selama ini dan juga memiliki arti penting yang dapat dipetik dari kerja sama kota kembar antara lain sebagai wadah bagi masyarakat kedua kota untuk saling memahami dan menghargai antara kedua negara.


"Untuk itu , kedua negara mendukung bentuk-bentuk kerja sama yang nyata dan saling menguntungkan antara pemerintah daerah," ujar Dubes Sihombing.


Sehari sebelumnya, di Godollo dilangsungkan acara peresmian pemasangan Gong Perdamaian Dunia oleh Dubes Mangasi Sihombing disaksikan Ketua Parlemen Dr. Katalin Szili, Mantan Presiden Ferenc Madl, sejumlah pejabat pemerintah Hungaria, para duta besar dan diplomat asing serta masyarakat setempat.


Peresmian Gong Perdamaian Dunia di Godollo merupakan rangkaian dari pencanangan kerja sama kota kembar Bogor-Godollo.


Dengan ditandatanganinya naskah kerja sama tersebut pemerintah kota Bogor dan Godollo menyampaikan harapan yang sama untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti dengan persetujuan yang lain dalam bentuk Nota Kesepahaman (MoU) sehingga kerja sama kedua kota dapat direalisasikan secara konkret dan saling melengkapi.


Fajar Nuradi mengatakan selain penandatanganan LoI kerja sama kota kembar Bogor-Godollo, pada saat bersamaan juga ditandatangani LoI kerja sama kota kembar antara Godollo dan Giesen ,Jerman. Acara dihadiri pejabat pemerintah dan parlemen daerah, para tokoh dan pemuka masyarakat serta mendapat peliputan dari sejumlah media massa setempat.


Dubes Sihombing dan Walikota Godollo sepakat dengan kehadiran Gong Perdamaian Dunia perlu diikuti dengan pertemuan-pertemuan internasional untuk menyuarakan pesan perdamaian dunia.


Walikota Godollo, Dr. Gemesyi menyatakan kesediaan kota Godollo sebagai tempat seminar dan penyelenggaraan pertunjukan tim kebudayaan SMA Al-Izhar Jakarta Selatan di Istana Erszebet (Elizabeth) yang akan diadakan pada musim panas tahun ini. ***2***B/A011)(T.H-ZG/B/A011/A011) 05-05-2008 09:59:57


Tidak ada komentar: