Kamis, 15 Mei 2008

TARIAN TOR TOR SIGALE GALE

D0130508004764 14-MAY-08 SBH JKT

TARIAN TOR TOR SIGALE GALE PUKAU MASYARAKAT CEKO


London, 14/5 (ANTARA) - Tarian Tor-Tor Saoan Sigale-Gale menampilkan atraksi seorang gadis membawa tujuh mangkuk melambangkan tempat air suci untuk membersihkan diri dari pengaruh roh jahat yang diletakkan di kepala dan tangan menari mengelilingi penonton memukau masyarakat Ceko.


Penampilan tarian spiritual asal Sumatera Barat itu digelar KBRI Praha bekerjasama dengan Musaion Ethnography dalam Peringatan 50 Tahun Perjanjian Kebudayaan Indonesia-Ceko, KBRI Praha.


Sekretaris I Pensosbud KBRI Ceko, Azis Nurwahyudi kepada ANTARA, London, Rabu mengatakan, masyarakat Ceko sangat menikmati sajian berbagai tarian yang disuguhkan rombongan Kesenian asal Sumatera Utara yang tengah mengadakan lawatan di Praha, Ceko.


Azis Nurwahyudi mengatakan, acara tersebut diselenggarakan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia dan juga guna mempererat persahabatan masyarakat kedua bangsa.


Direktur Musaion Museum, Jirina Langhammerova dalam sambutannya menyatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Ceko untuk menjalin hubungan baik dengan Indonesia.


Dalam acara tersebut juga ditampilkan, Tari Persembahan yang ditampilkan lima gadis mengawali penampilan tim yang dipimpin Kepala BKPM Sumatera Utara, Sabrina.


Selain itu, juga ditampilkan, tarian lain seperti Tari Manduda, Sarama Babiat, Tatak Garo-Garo, Zapin, dan Biring Manggis disajikan silih berganti dengan lagu-lagu bernuansa Batak yang dinamis.


Masyarakatpun diajak menari bersama dalam setiap lagu yang dibawakan, sehingga suasana begitu meriah dan terasa bersahabat.


Masyarakat Ceko dan Duta Besar Thailand di Praha yang hadir tampak menikmati suasana Indonesia malam itu, terlebih ketika para penonton diajak mereka menonton bersama dan disuguhi makanan khas daerah Sumatera Utara seperti ting-ting gepuk, dodol dan makanan lainnya.


Acara tersebut diakhiri dengan persembahan upacara Mangulosi yang dilakukan Bupati Serdang Gade kepada Duta Besar Salim Said dan Jirina Lenghammerova. (U-ZG)

(T.H-ZG/B/M012/M012) 14-05-2008 01:36:02


Tidak ada komentar: