Kamis, 29 Mei 2008

KAWASAN EROPA TENGAH PENTING

INDONESIA PANDANG KAWASAN EROPA TENGAH PENTING

London, 29/5 (ANTARA) - Indonesia memandang penting Slovakia dan Negara di Kawasan Eropa Tengah dan Timur dalam pelaksanaan politik luar negeri RI.
Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Departemen Luar Negeri RI, Artauli Tobing dalam Forum Diskusi yang diadakan KBRI Bratislava, Kamis.

Sekretaris Ketiga, Pelaksana Fungsi Protokol, Konsuler, Media dan Politik KBRI Bratislava, Slovakia, Made P Sentanajaya kepada ANTARA London mengatakan, forum diskusi bertema "Indonesian Foreign Policy: Why Central Europe" itu diadakan atas kerjasama KBRI Bratislava dengan lembaga "think tank" terkemuka Slovakia, Slovak Foreign Policy Association (SFPA) .

Lebih lanjut Artauli Tobing mengatakan, negara-negara di kawasan Eropa Tengah dan Timur memiliki arti strategis baik dari segi geopolitik maupun geoekonomi dalam mendukung politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.

Dari segi geopolitik, mantan Duta Besar RI di Hanoi, Vietnam itu mengatakan, negara-negara di kawasan tersebut memiliki arti strategis karena mendukung kedaulatan Indonesia sejak pertama kali berdirinya juga mmiliki kesamaan posisi dalam mempromosikan multilateralisme.

Sementara dari segi geoekonomi, ujarnya, Slovakia sebagai salah satu negara dengan GDP sebesar 18.000 dolar AS, mengalami pertumbuhan ekonomi sangat pesat 8,8 persen di tahun 2007 yang merupakan pasar yang potensial bagi produk ekspor dan peningkatan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Keanggotaan Slovakia di Uni Eropa sejak 2004, juga memiliki arti startegis sebagai "entry point" bagi produk ekspor Indonesia ke negara anggota Uni Eropa lainnya maupun ke wilayah Eropa Tengah dan Timur.

Meskipun neraca perdagangan Indonesia dengan Slovakia relatif masih kecil namun menunjukkan surplus dan keuntungan bagi Indonesia sebesar 84 juta dolar AS di tahun 2006, demikian Artauli Tobing.

Forum diskusi yang berlangsung dengan semarak itu dihadiri kalangan anggota korps diplomatik, pejabat Kemlu Slovakia, mantan Duta Besar, media, akademisi, pengusaha serta mahasiswa yang ada di Bratislava.

Forum diskusi tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan pemahaman kebijakan luar negeri Indonesia khususnya yang berhubungan dengan negara-negara di kawasan Eropa Tengah dan Timur, khususnya Slovakia.(U.H-ZG/B/A041)(T.H-ZG/B/A041/C/A041) 29-05-2008 11:24:54

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di www.infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

http://berita-dunia.infogue.com/
http://berita-dunia.infogue.com/kawasan_eropa_tengah_penting