Rabu, 21 Mei 2008

KBRI PROMOSI DI SWEDIA DAN LATVIA

KBRI GELAR PROMOSI EKONOMI DAN PARIWISATA DI SWEDIA DAN LATVIA


London, 21/5 (ANTARA) - KBRI Stockholm mengelar promosi potensi ekonomi, investasi dan perdagangan, serta pariwisata Indonesia di Swedia dan Latvia dengan mengundang Prof. Dr. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, pakar ekonomi dan Guru Besar di Universitas Indonesia, yang saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Penasehat LEMHANAS.


Prof.Dr. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti menjadi pembicara dalam kegiatan Seminar di kedua negara, yaitu di Stockholm dan Riga, yang diadakan oleh KBRI bekerjasama dengan Stockholm School of Economics, ujar Dody Kusumonegoro, Sekretaris I Pensosbud KBRI Stockholm kepada ANTARA London, Rabu.


Dalam seminar di Stockholm, mantan Menko Perekonomian itu, menyampaikan makala bertema "From Suharto to Susilo Bambang Yudhoyono: Economic and Political Development in Indonesia".

Sedangkan di Riga, ibukota Latvia Dorodjatun membahas "Indonesia's Current Situation and its Relevance to Latvia, the Baltic States and the European Union".


Menurut Dody Kusumonegoro, seminar yang dilanjutkan dengan diskusi itu dihadiri para akademisi, mahasiswa dan pemerhati masalah Indonesia di Swedia dan Latvia berlangsung dengan menarik mengenai berbagai permasalahan yang terkait dengan situasi di Indonesia dan di kawasan ASEAN.


Dody mengatakan penyelenggaran seminar baik di Stockholm maupun di Riga ditujukan untuk menggali dan mengembangkan potensi hubungan bilateral antara Indonesia dengan Swedia dan Latvia, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi.


Pada kesempatan tersebut KBRI menampilkan pagelaran budaya berupa konser gamelan yang dimainkan oleh masyarakat Indonesia-Swedia, serta pertunjukkan kesenian tari Bali dan sajian berbagai hidangan khas Indonesia.


Selama berada di Swedia, Prof. Dr. Dorodjatun juga menghadiri forum diskusi dan pertemuan dengan Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), Institute for Security and Strategy (ISS) dan International Council of Swedish Industry (NIR).


Promosi budaya

Dalam rangkaian acara promosi terpadu, KBRI Stockholm menggelar malam promosi budaya dan pariwisata dalam rangka menyukseskan Visit Indonesia Year 2008, di Royal Square Hotel, Riga, Latvia, pekan silam.


Acara yang diadakan bekerjasama dengan Flight Club (AirFrance/KLM) dan Destinationkompaniet Mitra Bumi AB. KBRI menyediakan door prize berupa tiket pesawat terbang ke Indonesia serta akomodasi selama seminggu di Bali dan Jakarta.


Dikatakannya acara yang dihadiri pelaku wisata Latvia (travel agents), wartawan, dan anggota masyarakat ditampilkan gamelan dan tari-tarian Bali yang menarik perhatian pengunjung dan hidangan makanan Indonesia.


Dalam kesempatan tersebut ditayangkan film mengenai potensi pariwisata Indonesia dan bahan-bahan promosi pariwisata berupa brosur, DVD, leaflet dalam bahasa Inggris dan Rusia.


Menurut Dody, sebagai negara Baltic yang mengalami pertumbuhan ekonomi di atas 10 persen pertahun, jumlah warga Latvia yang melakukan perjalanan ke Indonesia turut meningkat.


Promosi potensi wisata Indonesia selama ini menunjang peningkatan jumlah wisatawan Latvia ke Indonesia yang setiap tahunnya meningkat lebih dari 100 persen.


Promosi Indonesia di segala bidang terus dilakukan oleh KBRI Stockholm dalam upaya meningkatkan hubungan bilateral dengan Swedia dan Latvia yang merupakan wilayah akreditasi KBRI Stockholm, demikian Dody Kusumonegoro.(U-ZG)(T.H-ZG/C/S006/C/S006) 21-05-2008 19:15:34


Tidak ada komentar: