Kamis, 17 Maret 2016

AWARD BERLIN

INDONESIA RAIH KATEGORI TERBAIK ASIA DI BERLIN
     Oleh Zeynita Gibbons

   Berlin, 13/3 (Antara) - Indonesia meraih penghargaan pameran terbaik pada bursa pariwisata terbesar di dunia, ITB Berlin, mengalahkan India dan Korea Selatan, dalam malam penghargaan di Palais am Funkturm komplek gedung Messe Berlin, Sabtu malam.

        "Kami bangga Paviliun Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai 'the best exhibition award' untuk wilayah Asia, Australia, dan Oceania," ujar  Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Kemenpar Nia Niscaya kepada koresponden Antara London, Sabtu malam waktu Jerman usai acara pengumuman pemenang.

        Paviliun Indonesia yang bertemakan Phinisi, dinilai sebagai gerai yang  berwarna karena selain diisi industri untuk menjual produknya juga menampilkan kesenian serta pojok kopi yang selalu ramai.  Paviliun itu juga diramaikan artis potret siluet wajah dan demo membuat hiasan janur untuk upacara. Sementara itu kostum yang dikenakan penari serta penampil dari Malang meraih predikat "Unbelievable  costumes".

        Menpar Arief Yahya mengakui ada banyak kriteria yang dinilai dengan standar yang serius dan detail karena itu ia cukup bangga atas penghargaan di pameran terbesar itu.

        Paviliun Indonesia yang memberi kesan ramah kepada pengunjung berisi 101 industri mengunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Semua bisa didaur ulang sehingga tidak akan menambah beban lingkungan.

        Selain itu materi promo berupa cetakan poster, selebaran, semuanya tidak dibuang ke tong sampah, tetapi masih akan dimanfaatkan untuk KBRI dan VITO --Visit Indonesia Tourism Officer-- di Jerman. "Karena masih akan dipakai lagi bahan-bahan promosi itu," ujarnya.

        Citra "Wonderful Indonesia" yang kaya akan kreativitas berhasil memghidupkan paviliun yang memiliki kawasan Asia-Australia-Oceania itu. Ada siluet wajah dan ada cara mengajari kerajinan dari janur kuning kepada pengunjung yang sabar menikmati anyaman khas kampung di Indonesia itu. Disiapkan juga spa dengan dua ahli terapi serta dua kursi malas.

        Di "coffee corner", Indonesia punya dua barista. Satu yang khusus mengolah biji kopi yang diambil asli dari Gayo, Mandailing, Sidikalang, Jawa Temanggung, dan Toraja. Satu lagi peracik coctail yang dibawa khusus, mencampur jahe, kopi, dan aneka macam minuman tradisional dengan minuman bermerek Eropa, sehingga menjadi kombinasi rasa yang sangat khas.

       Kemenangan itu melengkapi semua "travel mart" di bulan Februari hingga Maret 2016 di berbagai tempat. Di LA, Wonderful Indonesia juara. Di Hongkong Victoria juga juara. Puncaknya ITB Berlin sehingga diharapkan "Wonderful Indonesia" semakin populer.

       Tim disain PCO Karma Wibangga yang menyiapkan Paviliun Indonesia ITB Berlin, Hernowo Muliawan kepada Antara London mengatakan rasa bangga Paviliun Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai the best katagori untuk wilayah Asia, Australia dan Oceania.

       Hernowo Muliawan yang didamping Enny Ratnadewi menyiapkan  Pavilion Indonesia di ITB Berlin 2016 dengan tema Budaya Maritim Indonesia,  mempresentasikan Indonesia sebagai destinasi wisata kepulauan terbesar di dunia yang sekaligus menampilkan kekayaan daya tarik wisata bahari, alam, budaya dan daya tarik wisata khusus/ buatan yang tersebar di 17.000 lebih pulau.

        Dikatakannya representasi tema budaya maritim tersebut ditampilkan dalam bentuk tiga sosok kapal phinisi yang tengah berlabuh menempati latar depan pavilion Indonesia dengan latar belakang perairan Raja Ampat sebagai salah satu destinasi wisata bahari Indonesia yang telah dikenal luas oleh dunia.

        Tampilan kapal phinisi tersebut juga merupakan bentuk pelestarian warisan budaya nenek moyang yang sekaligus menonjolkan kekuatan Indonesia sebagai bangsa bahari dan negara maritim modern.

        Paviliun Indonesia di ITB Berlin menempati lahan seluas total  693 m2 dan sebagian dibangun dua lantai menampung 100 pedagang dari Indonesia untuk menjalin transaksi bisnis dengan pembeli dari seluruh dunia.***4***

(T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 13-03-2016 10:41:57

A

Tidak ada komentar: