Sabtu, 05 Maret 2016

LONDON

DUBES RIZAL SIAP TINGKATKAN KERJASAMA INDONESIA-INGGRIS

     Zeynita Gibbons
   London 1/3 (Antara) - Dubes RI untuk Inggris di London, Rizal Sukma, menegaskan komitmennya untuk dapat meningkatkan kerja sama antara Indonesia dengan Inggris di masa-masa mendatang.

        Hal itu diungkapkan  Dubes RI, Dr Rizal Sukma dalam kesempatan briefing informal dan diskusi dengan lembaga All-Party Parliamentary Group for Indonesia (APPGI) bekerja sama dengan Conservative Foreign and Commonwealth Council, bertempat di Gedung Parlemen Inggris, London, demikian keterangan dari, Pensosbud KBRI London Dino Kusnadi kepada Antara London, Selasa.

        Menurut Dubes, Indonesia memiliki beberapa irisan kepentingan dengan Inggris yang dapat menjadi landasan untuk peningkatan hubungan bilateral kedua negara di masa mendatang.

        Irisan kepentingan tersebut didorong oleh beberapa kesamaan kondisi kedua negara antara lain sebagai negara maritim, memiliki sistem politik yang demokratis selain kedua negara juga memiliki kepentingan dalam bentuk akses terhadap pasar masing-masing.

        Dubes Rizal Sukma mengatakan peningkatan hubungan kedua negara juga dilandasi oleh kemitraan dalam mengatasi isu-isu global seperti perubahan iklim, kesehatan, kejahatan lintas batas, dan terorisme.

        Dalam kesempatan ini, Dubes RI, Dr Rizal Sukma menyampaikan Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo berupaya keras memenuhi janji pada saat kampanye seperti peningkatan pembangunan ekonomi dan pelayanan publik yang lebih baik, terutama di sektor kesehatan, pendidikan, serta dalam mendorong pemberantasan korupsi.

        Dikatakannya Presiden Joko Widodo  memiliki komitmen untuk meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia yang ditempuh antara lain dengan dikeluarkannya sejumlah Paket Kebijakan Ekonomi yang bertujuan untuk memperbaiki lagi iklim investasi dan usaha di Indonesia.

        Dubes Rizal Sukma yang didampingi Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI London,  Vitto R. Tahar, dan Koordinator Fungsi Politik KBRI London,  Dindin Wahyudin, menyatakan optimis terhadap prospek ekonomi Indonesia di masa mendatang meski menghadapi gejolak ekonomi global saat ini.

        Anggota parlemen dan House of Lords yang hadir dalam diskusi tersebut menunjukan apresiasi dan antusiasme yang tinggi dan mengajukan berbagai pertanyaan, antara lain mengenai prospek ekonomi Indonesia, upaya pemerintah dalam mengatasi kebakaran hutan, serta peran aktif Indonesia dalam mengatasi ketegangan di Laut Tiongkok Selatan.

        Lembaga All-Party Parliamentary Group for Indonesia (APPGI) merupakan kelompok informal yang bersifat lintas batas partai yang beranggotakan para anggota parlemen Inggris yang memiliki perhatian terhadap Indonesia.

        Sedangkan Conservative Foreign and Commonwealth Council adalah organisasi yang berafiliasi dengan Partai Konservatif di Inggris serta bertujuan menyediakan forum untuk pembahasan isu-isu internasional.****2***(T.H-ZG/B/M.A. Iskandar/M.A. Iskandar) 01-03-2016 19:26:49

Tidak ada komentar: