Kamis, 17 Maret 2016

SYDNEY

DIPLOMASI MODE PUKAU WARGA SYDNEY

         Oleh Zeynita
     London, 9/3 (Antara) - Perancang Indonesia Nita Seno Adji dan Bai Soemarlono serta dua perancang terkemuka yang mendapat pengakuan luas di Australia, Akira Isogawa dan Haryono Setiadi, menggelar peragaan busana bertema "Indonesia Beautiful" yang berhasil memukau masyarakat Sydney.

         Pagelaran busana yang secara kolaboratif melibatkan perancang Indonesia dan Australia tersebut merupakan salah satu bentuk dari diplomasi mode Indonesia di Australia yang digelar di Prince Henry Center, Little Bay, yang dipenuhi dengan suasana Indonesia, demikian Consul KJRI Sydney, Novan Ivanhoe Saleh kepada Antara London, Rabu.

        Penyelenggaraan pagelaran busana "Indonesia Beautiful" yang menampilkan karya-karya perancang itu difasilitasi Konjen RI untuk New South Wales (NSW), Queensdland dan Sydney yang berkedudukan di Sydney, Yayan GH Mulyana dan Ibu Irene Mulyana. menjadi
   Acara itu juga dihadiri Gubernur Negara Bagian New South Wales (NSW) Jenderal (Purn) David Hurley beserta Linda Hurley.

        Gubernur David Hurley dalam sambutannya yang dimulai dengan menggunakan bahasa Indonesia menyampaikan penghargaan dan terkesan dengan perkembangan dunia mode Indonesia. Acara "Indonesia Beautiful" ini menumbuhkan hubungan yang semakin baik antara Indonesia dan Australia, ujarnya.

        Sementara itu Konjen Yayan GH Mulyana, mengharapkan pagelaran busana itu akan dapat memperkokoh persahabatan dan hubungan antara kedua bangsa (people to people link),  juga  membuka jalan bagi kerja sama antara perancang dari kedua negara, serta membuka jalan bagi  karya  perancang Indonesia ke industri mode Australia.

        Pagelaran busana dihadiri lebih dari 100 undangan dari berbagai lembaga pemerintah dan komunitas diplomatik di NSW, serta industri mode, media mode dan institut/sekolah desain busana di Australia.

        Selain itu juga hadir anggota Australian Fashion Chamber, eksekutif beberapa pusat pertokoan dan merk mode terkemuka, calon pembeli busana/tekstil dari pusat perbelanjaan eksklusif dan butik merk global, perancang ternama, serta editor dan penulis blog mode.

         Beberapa undangan menyebutkan pagelaran busana menunjukan keindahan karya desainer Indonesia yang memadukan desain modern dengan tekstil khas Indonesia. Dan salah satu model, mengatakan sangat senang  mendapat kesempatan tampil ditengah para tamu-tamu istimewa.

         Baik Nita Seno Adji maupun Bai Soemarlono mengakui acara "Indonesia Beautiful" sangat krusial karena menjadi ajang "pre-launch" koleksi teranyar mereka. Kedua perancang tersebut secara resmi akan meluncurkan koleksi terbaru pada Indonesia Fashion Week di Jakarta tanggal 10-13 Maret mendatang.

         Pada peragaan busana ditampilkan tarian Taruna Jaya, tarian tradisional Bali menggambarkan perjuangan seseorang yang sedang berproses dari masa kanak-kanak menjadi remaja dan akhirnya menjadi dewasa. Para undangan juga disuguhi kuliner Indonesia berupa  Nasi goreng dan sate ayam.***4***

(T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 09-03-2016 09:36:18

Tidak ada komentar: